Kader Pemuda Katolik Terima Gelar Doktor HC dari Universitas CMR India

marcellus hakeng

India, POJOKREDAKSI.COM – Ketua Bidang Penataan Jaringan dan Distribusi Kader Pengurus Pusat Pemuda Katolik Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa menerima gelar Doktor Honoris Causa dari CMR University, India. Senin, (3/7/2023).

“Kapten Marcel sapaan akrabnya, mendapatkan gelar Doktor HC sebagai bentuk penghargaan tertinggi atas pencapaiannya yang secara konsisten mengamati, mengkritisi, dan menyuarakan kemaritiman di Indonesia khususnya dan Internasional umumnya.” Ucap Prof. Vinayak Direktur Urusan Luar Negeri CMR University.

Dalam pidato pengukuhan Doktor HC, Hakeng mengajak anak bangsa untuk kembali mengingat pernyataan Presiden Soerkarno di Jakarta pada 23 September 1963.

Pernyataan itu berbunyi, “Kita sekarang satu per satu, seorang demi seorang, harus yakin bahwa Indonesia tidak bisa menjadi negara yang kuat, sentosa, sejahtera, jikalau kita tidak menguasai pula samudera, jikalau kita tidak kembali menjadi satu bangsa samudera, jikalau kita tidak kembali menjadi satu bangsa bahari, bangsa pelaut sebagaimana kita dikenal dijaman bahari itu.”

Sangat dalam maknanya pidato Soekarno tersebut. Karenanya, sebagai bentuk penghargaan tertinggi dari saya kepada Soekarno, saya tempatkan kata-kata beliau di awal pidato pembukaan saya.

Karena beliaulah yang tercatat dalam ingatkan saya sebagai negarawan yang pertama kali menyebut bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa pelaut, sebagai bangsa maritim,” katanya.

Capt. Marcel telah 25 tahun mendedikasikan diri dalam bidang maritim di Indonesia. Saat ini selain sebagai pengurus pusat Pemuda Katolik, Capt. Marcel juga aktif sebagai pengamat maritim dari Ikatan Alumni Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia Strategic Center (IKAL SC).

“Saya sampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pihak CMR University atas penghargaan Gelar Doktor Honoris Causa bidang Maritim yang diberikan kepada saya. Apalagi penghargaan ini diberikan oleh Universitas CMR-India yang telah terkenal reputasinya dalam melahirkan banyak pemikir dan pemimpin di dunia,” kata Marcellus Hakeng dalam keterangan tertulis kepada media Pojokredaksi.com, Senin (3/7/2023).

Baca Juga :  Prediksi Biden: Trump Cuma Bicara Kebohongan Saat Debat Capres AS

(Red/MDP)

Yuk! baca artikel menarik lainnya di GOOGLE NEWS

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *