Polda Metro Wujudkan Program Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Direktorat Binmas Polda Metro Jaya meresmikan program Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi Tahun 2021. Direktur Binmas Polda Metro Kombes Badya Wijaya menjelaskan, program ini mencakupi penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, dan penataran keuangan negara berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Zona Integritas (ZI) adalah predikat untuk instansi yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi)/WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) melalui reformasi birokrasi.

Sedangkan Wilayab Bebas dari Korupsi (Menuju WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

“Jadi, mari kita wujudkan Zona Integritas sebagai predikat yang diberikan kepada lembaga yang berkomitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM agar mendapat apresiasi dari Kemenpan Reformasi Birokrasi dan masyarakat,” kata Kombes Badya dalam sambutannya di acara yang berlangsung di Mapolda Metro Jaya, pada Selasa, (16/2/21).

Hadir dalam acara ini antara lain Wadir Binmas AKBP Yudistira SIK. MSI, Kompol L Gunanto, mewakili Irwasda, Kompol Helmi mewakili Kabiro Rena, Kasatpol DKI Arifin, Agus Ramdani dari Disdik DKI, dan para undangan lainnya.

Untuk meraih WBK/WBBM, unit kerja harus memenuhi delapan indikator hasil dan dua puluh indikator proses yang akan dinilai oleh Tim Penilai Internal (TPI) kemudian dievaluasi oleh Tim Penilai Nasional. Untuk WBK ditetapkan oleh Kepala K/L/Daerah sedangkan WBBM ditetapkan oleh Menpan dan RB.

Baca Juga :  Sigap! Kanit Binmas Polsek Air Joman Amankan ODGJ

Setelah memenuhi indikator tersebut dan ditetapkan sebagai WBK/WBBM, predikat tersebut dievaluasi setiap tahun. Apabila hasil evaluasi tersebut terdapat penilaian indikator yang mengakibatkan tidak terpenuhinya kriteria, maka predikat WBK/WBBM tersebut dicabut.

Nah, dalam konteks ini ZI adalah lembaga induknya. Unit kerja yang telah mendapat predikat WBK/WBBM adalah sebuah satuan kerja di bawah induk tersebut. Zona Integritas atau disebut juga Island of Integrity tercapai apabila seluruh unit kerja telah menjadi Wilayah Bebas dari Korupsi.

Jadi, semoga Dit Binmas dan segenap unit kerja Polda Metro Jaya mencapai hasil terbaik untuk tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

Albert Syukur

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *