Kanwil Kemenkumham Jawa Timur Gelar Razia Rutin di Lapas dan Rutan di Surabaya

Surabaya, POJOKREDAKSI.COM – Pada Akhir pekan kanwil kemenkumham jawatimur, akan mengadakan razia di dalam lapas (lembaga pemasyarakatan) dan rutan (rumah tahanan) yang ada surabaya.

Sejumlah Petugas pemasyarakatan akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan di lapas dan rutan guna mengantisipasi euforia di akhir pekan.

PLT kepala kanwil kemenkumham Jatim, Wisnu Nugroho Dewanto mengungkapkan,petugas UPT pemasyarakatan di Jatim,akan melakukan penggeledahan di kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP).

“Kondisi di dalam lapas masih dipengaruhi kondisi di luar lapas, karena budaya saat mereka di luar masih terbawa,” Wisnu Nugroho Dewanto, pada senin (21/2/22).

Apalagi untuk lapas/ rutan yang mayoritas penghuninya berasal dari kota besar seperti Surabaya Raya, Pihak Kanwil Kemenkumham Jatim meminta agar petugas lebih ketat untuk mengantisipasi terjadinya kegiatan yang tidak perlu.

lanjut Wisnu, Lapas dan Rutan di Surabaya saat ini mengalami overkapasitas. Saat ini Lapas Porong dihuni sekitar 2.039 orang dari kapasitas 1.000 orang,Sedangkan untuk rutan Medaeng Surabaya dihuni 1.250 orang dari kapasitas 504 orang.

“Kondisi yang overkapasitas di lapas dan rutan ini membuat rentan dan berisiko bagi warga binaan,”tambah Wisnu.

Meski begitu, Wisnu menjamin bahwa penggeledahan masih mengutamakan kenyamanan dan keamanan warga binaan. Sehingga, proses penggeledahan yang bersifat isidentil itu dapat diterima dan berjalan kondusif.

“Kami juga berkerjasama dengan Bhabinkamtibmas Polsek dan Babinsa Koramil sebagai bentuk transparansi,” tutup Wisnu.

Sementara itu, Kepala KPLP Lapas porong Surabaya Gatot Harisaputro menjelaskan bahwa selain melaksanakan penggeledahan barang-barang berbahaya, petugas juga sekaligus mengecek kondisi kamar hunian.

Baca Juga :  Dirjen Bimas Katolik : Vox Point Indonesia Harus Terus Terlibat dalam Kehidupan Bangsa

“Hal ini untuk mengantisipasi apabila ada warga binaan yang melakukan pengerusakan bangunan,Dari sini kita bisa deteksi bila ada warga binaan yang merencanakan kabur dari lapas,” jelas Gatot.

Di sisi lain, Kepala KPR Rutan medaeng Surabaya Deri Prihandoko menerangkan bahwa pihaknya mengapresiasi langkah kemenkumham guna mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

Hal ini agar petugas bisa mendapatkan gambaran kondisi hunian yang lebih apa adanya. Pihak petugas rutan juga akan merapikan instalasi listrik yang ada.

“ saya sangat mengapresiasi razia yang akan dilakukan kemenkumham,langkah ini juga Untuk antisipasi warga binaan yang mau berbuat macam-macam,” terang Deri.

(Sigit Santoso)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *