Kunker Plt. Kepala Dinas Kesehatan Fakfak ke Distrik Fakfak Timur Tengah dan Distrik Fakfak Timur

Fakfak Papua Barat, POJOKREDAKSI.COM – Kunjungan kerja Plt. Kepala Dinas Kesehatan Fakfak Saleh Hindom, SKM, MPH ke Distrik Fakfak Timur Tengah dan Fakfak Timur, guna melihat, mengecek dan mengevaluasi secara langsung kondisi bangunan fisik fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) perifer yaitu Puskesmas Pembantu dan Polindes, perabot rumah tangga fasyankes, perbekalan kesehatan (alkes, obat2an dan bahan medis habis pakai) serta Tenaga Kesehatan yang bertugas di fasyankes tersebut.
Puskesmas Weri yang memiliki wilayah pelayanan mencakup dua distrik dengan memiliki 5 (lima) unit Pustu dan 5 (lima) unit Polindes

Dalam kunjungan ini banyak persoalan yang kami temui langsung dilapangan, yang mana tingkat kerusakan bangunan fisik baik Pustu maupun Polindes dengan rata-rata tingkat kerusakan 30 – 90 % termasuk juga perabot rumah tangga. Hal ini terjadi akibat kurang adanya pemiliharaan bangunan oleh petugas, keterlambatan rehabilitasi dan tidak ada Nakes yang menempati.

Dari 10 (sepuluh) tempat layanan perifer yang ada ternyata hanya 4 unit fasyankes yang diisi oleh tenaga kesehatan baik perawat maupun bidan, sementara 6 unit fasyankes hingga saat ini belum diisi oleh Nakes, kata Saleh Hindom.

Untuk itu kami mempunyai target bahwa di tahun 2022 ini lebih terfokus pada penempatan nakes langsung ke unit2 fasyankes pustu dan polindes serta perbekalan kesehatan, sementara’ untuk bangunan fisik akan direhabilitasi secara bertahap.
Hal yang harus kita perbaiki yaitu mengkaji tentang beban kerja Puskesmas disesuaikan dengan jumlah SDMK yang dibutuhkan, untuk nakes yang bertugas puskesmas pembantu dan polindes disesuaikan dgn luas wilayah pelayanan, jumlah kunjungan dan tingkat kasus. Penempatan nakes dengan SK Bupati langsung ke sasaran tempat pelayanan baik di puskesmas, puskesmas pembantu maupun polindes.

Baca Juga :  Awali Safari Ramadhan, Bupati Asahan Ajak Masyarakat Ikuti Himbauan Pemerintah

Dalam kunjungan tersebut kami sempat temui Kepala Distrik Fakfak Timur dan Kepala Puskesmas Weri di Kampung Kriabisa dan banyak hal yang kami perbincangkan menyangkut pembangunan bidang kesehatan secara umum.(Amatus Rahakbauw).

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *