Trump Keberatan, Mikrofon Akan Dimatikan Saat Debat Capres Terakhir

Presiden-AS-Donald-Trump-2.jpg

AS, Pojokredaksi.com – Komisi Debat Kepresidenan AS akan menerapkan aturan baru pada debat calon presiden (capres) pada 22/10 mendatang. Walau demikian Donald Trump masih berencana menghindar.

Seperti dilansir Reuters, Selasa, 20/10, Komisi Debat Kepresidenan AS mengumumkan pada Senin, 19/10 waktu setempat bahwa mikrofon kedua capres, yakni Trump dan Joe Biden, capres dari Partai Demokrat, akan dimatikan pada bagian-bagian tertentu selama debat berlangsung.

Keputusan ini diambil setelah debat capres pertama pada 29/09 berujung kacau saat kedua capres – sebagian besar Trump — terus saling menginterupsi.

Komisi Debat mengakui bahwa perubahan aturan ini tidak akan memuaskan kedua tim kampanye capres. Namun Komisi Debat menekankan bahwa perubahan aturan ini mencapai keseimbangan yang tepat dan demi kepentingan rakyat AS.

Tim kampanye Trump keberatan atas keputusan untuk mematikan mikrofon capres pada bagian-bagian tertentu. Namun mereka pastikan Trump masih akan hadir untuk berdebat dengan Biden.

“Presiden Trump berkomitmen untuk berdebat dengan Joe Biden meskipun ada perubahan aturan pada menit-menit terakhir dari komisi yang bias dalam upaya mereka memberikan keuntungan bagi kandidat favorit mereka,” tutur manajer kampanye Trump, Bill Stepien.

Tim kampanye Biden belum memberikan tanggapannya terhadap perubahan aturan debat ketiga yang akan digelar di Nashville, Tennessee tersebut.

Dengan adanya perubahan aturan, maka nantinya mikrofon masing-masing capres akan dimatikan saat rivalnya sedang menjawab pertanyaan awal pada setiap segmen — total ada enam segmen — dalam periode waktu dua menit. Setelah kedua capres selesai menyampaikan jawaban pada awal segmen, maka akan dilanjutkan dengan diskusi terbuka dengan mikrofon kedua capres akan dinyalakan kembali.

Baca Juga :  Paus Fransiskus Dikirimi Paket Mencurigakan Oleh Orang Misterius.

Ditegaskan Komisi Debat bahwa pada intinya, masing-masing capres akan mendapatkan sesi menjawab pertanyaan selama dua menit tanpa interupsi pada awal setiap segmen.

Debat capres pertama pada 29 September dinilai kacau dan semrawut karena kedua capres saling berbicara pada waktu bersamaan dan saling menginterupsi saat rivalnya bicara. Menghadapi Trump yang terus menginterupsi dirinya, Biden saat itu sempat melontarkan hinaan.

(Wiliam M)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *