Fransiskus Xaverius Mote, Kontingen Papua Tengah Naik Kapal Seminggu Ikut Pesparani III di DKI Jakarta

FX Mote Ketua LP3KD Papua Tengah

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Sejak dibukanya Pesparani tingkat Provinsi Papua Tengah oleh Penjabat Gubernur Dr. Ribka Haluk, kontingen Papua Tengah secara resmi menjadi kontingen dari wilayah Papua yang ikut dalam Pesparani Katolik Nasional III yang diadakan di Provinsi DKI Jakarta, 28 Oktober -1 November 2023.

Menariknya, kehadiran kontingen provinsi baru di wilayah Papua ini untuk sampai di DKI Jakarta dengan menggunakan transportasi kapal laut dengan perjalanan sekitar seminggu. Ini menjadi kontingen satu-satunya yang menggunakan kapal laut.

Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah Papua Tengah (LP3KD), Fransiskus Xaverius Mote mengatakan Papua Tengah siap mengikuti semua mata lomba Pesparani. “Ada 13 mata lomba di Pesparani dan kami siap mengikuti semuanya,” ujar Frans saat ditemui di Gedung Niaga, Jakarta Internasional Expo, Senin, 30/10/2023.

Soal keberangkatan, Frans menambahkan ada 300 anggota dari Papua Tengah yang mengikuti semua mata lomba di Pesparani. “Kami sebagai provinsi yang baru dimekarkan kami ingin bukan semata-mata menjuarai tetapi ini soal pembinaan dan pengembangan iman, pertemuan persaudaraan dalam iman. Nilai ini yang perlu kami tonjolkan,” ujarnya.

Frans melanjutkan, di tengah berbagai kekurangan dan persiapan dari Provinsi Papua Tengah, ia mengakui bahwa Pesparani ini menjadi harapan dan keinginan dari banyak orang teristimewa anak-anak dan remaja terkait dengan pembinaan iman. Pengalaman iman yang ada dalam Pesparani akan membentuk karakter anak-anak muda menjadi orang Katolik yang baik.

Terkait target kejuaraan, Frans percaya bahwa Papua Tengah pulang akan membawa emas dari beberapa mata lomba lainnya. “Kami punya target dan harapannya kami akan memenangkan emas untuk membawa pulang ke Papua Tengah,” demikian Frans.

POJOKREDAKSI.COM

Baca Juga :  Buruh Bikin Film: “Suara Yang Dibuang” Tayang Perdana 5 September di 5 Kota

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *