4 Wajah Baru Caleg DPR RI Dapil Sumut 2 yang Lolos ke Senayan, Trimedya Panjaitan Tersingkir

sumut dua

Sumut, POJOKREDAKSI.COM – Partai Golkar sudah dapat dipastikan sebagai pemenang di daerah pemilihan Sumatera Utara 2 dengan mengirimkan 3 calon legislatifnya ke Senayan. Selain Lamhot Sinaga yang merupakan petahana, partai pohon beringin ini juga berhasil mengirim dua wajah baru, yaitu, mantan Bupati Padang Lawas Utara, Andar Amin Harahap dan Trinovi Khairani.

Dapil Sumut 2 meliputi: Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Toba, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Sibolga, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Sidempuan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, Gunungsitoli, Nias, Nias Utara, Nias Selatan dan Nias Barat. Dapil ini mendapat 10 kuota kursi DPR RI.

Berdasarkan 98% data hasil rekapitulasi kecamatan yang sudah masuk, Senin, (4/3/2024), Golkar memperoleh 705.215 suara. Di Posisi ke dua dan ke tiga diisi oleh PDIP dengan memperoleh 364.061 dan NasDem dengan perolehan 318.796. Gerindra memperoleh 285.083 suara, diikuti Demokrat 233.235 suara.

Sementara PKB dan PAN bersaing ketat dengan perolehan yang cukup dekat. PKB mendapatkan 140.912 suara, sedangkan PAN mendapatkan 138.726 suara. Pada Pemilu kali, ini PKS harus rela kehilangan perwakilannya di Sumut 2 karena hannya memperoleh 93.556 suara.

PDIP bertahan dengan mengirim dua calegnya ke Senayan. Trimedya Panjaitan, politisi senior yang sudah 4 periode duduk menjadi anggota DPR RI dari dapil ini, tertinggal jauh dari koleganya Mantan Bupati Samosir, Rapidin Simbolon. Kursi ke dua PDIP diisi oleh Sihar P. Sitorus.

Sedangkan NasDem yang pada Pemilu 2019 lalu memperoleh dua kursi, kini hanya diwakili oleh Martin Manurung yang merupakan petahana. Gerindra, PAN dan PKB bertahan dengan tetap mengirim satu perwakilannya yang juga petahana. Mereka adalah: Gus Irawan Pasaribu, Saleh Partaonan Daulay dan Marwan Dasopang.

Baca Juga :  Peduli Keselamatan Team Safety Riding PT Indako Trading Coy Sambangi SMA N 2 Torgamba

Demokrat juga tetap mengirim satu perwakilan, yaitu Sabam Sinaga yang berhasil menyingkirkan petahana Ongku P. Hasibuan. Namun perebutan kursi di dalam Partai berlogo Mercy ini masih ketat antara Sabam Sinaga dengan Ilham Mendrofa.

Berikut 10 Caleg DPR RI Dapil Sumut 2 yang dapat dipastikan duduk berdasarkan jumlah suara dan pembagian kursi dengan sistem Sainte Lague:

  1. LAMHOT SINAGA
  2. Drs. RAPIDIN SIMBOLON, M.M.
  3. MARTIN MANURUNG, S.E, M.A.
  4. H. GUS IRAWAN PASARIBU, S.E., AK., M.M., CA.
  5. ANDAR AMIN HARAHAP, S.STP., M.Si
  6. SABAM SINAGA/ ILHAM MENDROFA
  7. TRINOVI KHAIRANI, B.A.
  8. H. MARWAN DASOPANG, M.Si.
  9. Dr. SALEH PARTAONAN DAULAY, M.Ag., M.Hum., M.A.
  10. SIHAR P.H. SITORUS

(Kevin S)

Yuk! baca artikel menarik lainnya di GOOGLE NEWS

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *