Ad Widget

Di Pilgub Sumatera Barat, PKS Masih Mendominasi

Ad Widget


Padang- POJOKREDAKSI.COM – Sumatera Barat (Sumbar) menjadi satu dari sembilan provinsi yang menggelar Pemilihan Gubernur (Pilgub) pada Pilkada Serentak 2020. Menarik membaca peta kekuatan dan hasil quick count di Pilgub Sumbar. Memperhatikan sejumlah lembaga survei dengan sejumlah data yang masuk, terdapat persaingan ketat para kandidatnya.

Pilgub Sumbar 2020 ditentukan hari ini dalam rekapitulasi hasil perhitungan suara pada Rabu, (9/12/2020). Dari data yang direkap Komisi Pemilihan Umum (KPU), Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2020, ada sekitar 100,3 jiwa warga.

Dari data ini, khusus Sumbar 2020, jumlah warga yang terdata masuk dalam DPT pilgub kali ini, ialah sebanyak 3.719.429 orang. Dengan masing-masing laki-laki sebanyak 1.836. 825 dan pemilih perempuan 1.882.604 orang.

Artinya 4 juta pemilih yang tercantum dalam DPT Pilkada Sumbar 2020 yang tersebar di 19 kabupaten/kota.

Di Sumbar sendiri ada empat paslon Pilgub yaitu Mulyadi-Ali Mukhni (Demokrat dan PAN); Nasrul Abit-Indra Catri (Gerindra); Fakhrizal-Genius Umar (Golkar, Nasdem, PKB); dan Mahyeldi-Audy Joinaldy (PKS dan PPP).

Lewat rekapitulasi elektronik (e-Rekap) KPU yang dilakukan melalui Sirekap, aplikasi rekapitulasi elektronik (e-Rekap) baru pengganti Situng, beberapa hasil yang bisa disebutkan.

Paslon Nomor Urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy masih menduduki posisi teratas. Menariknya paslon ini diusung PKS dan PPP yang dianggap masih mendominasi wilayah Sumbar. Mahyeldi-Audy memperoleh suara 34.36 suara.

Setelah Mahyeldi-Audy, disusul nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra Catri dengan perolehan suara 29,62 persen. Kemudian ada pasangan nomor urut satu, Mulyadi-Ali Mukhni dengan perolehan suara 26,44 persen. Terakhir, pasangan nomor urut tiga Fakhrizal-Genius Umar dengan perolehan suara 9,56 persen.

Data tersebut dihimpun sampai pukul 15.46 Wib. Dengan suara masuk mencapai 51,00 persen.

Tinus Wuarmanuk

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *