Antisipasi Bencana Alam, Kodim Pangkalan Bun Gelar Apel Personel dan Materiil

kotawaringin barat kodim antisipasi bencana

Kotawaringin Barat, POJOKREDAKSI.COM – Sebagai langkah untuk mengantisipasi serta kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam baik itu banjir, longsor, dan Karhutla di Wilayah Kotawaringin Barat, Kodim 1014 /Pangkalan Bun menggelar apel Personel dan Sarpras di Lapangan Sampuraga Lama Jln. Syutan Syahrir, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat. Senin, (18/1/21).

Dalam sambutannya Kasdim 1014/Pbn Mayor Inf Edy Sucipto mengatakan, pada saat ini kita ketahui kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia cukup ekstrem, sehingga sangat rawan dan berpotensi besar terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gempa bumi yang dapat mengakibatkan timbulnya kerugian, baik personel maupun materiil.

“Oleh sebab itu kita menggelar apel personel dan Sarpras yang melibatkan beberapa unsur terkait dalam menanggulangi terjadinya bencana alam khusunya di wilayah Kotawaringin Barat,” kata Kasdim.

Lanjut Kasdim, seluruh institusi serta elemen masyarakat dituntut untuk siap siaga dan saling bekerjasama dalam menghadapi dan menanggulangi apabila terjadi bencana alam, sebab pelaksanaan penanggulangan bencana alam bukan semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab kita bersama.

kotawaringin barat kodim antisipasi bencana

“Kepada seluruh jajaran untuk melaksanakan langkah-langkah preventif serta menyiapkan satuan dan personelnya terhadap segala kemungkinan bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi,” tegas Kasdim.

Usai pelaksanaan apel tersebut, Kasdim 1014 /Pbn dan Kapolres Kobar beserta Forkopimda melakukan peninjauan terhadap pasukan gabungan serta peralatan dan kendaraan yang dipersiapkan dari berbagai instansi sehingga siap dan layak di gunakan untuk menghadapi dan menanggulangi bencana alam.

Baca Juga :  Kunjungi Koramil 05/Batang Kapas Dandim 0311/Pessel Ingatkan Pentingnya Keharmonisan Dalam Keluarga

Sebagai informasi, pada apel gelar personel dan Sarpras tersebut melibatkan beberapa instansi terkait seperti, Pemerintah Daerah Kab. Kobar, Kodim 1014/Pbn, Kompi Senapan B Yonif Raider 631 /Atg, Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Brimob Kobar, Polres Kobar, BPBD, Satpol PP, Damkar, Tagana, serta Masyarakat Peduli Api dan Ormas.

(Pendam XII/Tpr)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *