Ad Widget

Lestarikan Permainan Tradisional, PORTINA Asahan Gelar Sosialisasi

Ad Widget

Asahan, POJOKREDAKSI.COM – Tingkatkan kembali minat para kaula muda untuk memainkan, melestarikan permainan tradisional peninggalan leluhur dan nenek moyang Bangsa Indonesia. Persatuan Olahraga Tradisional (PORTINA) Kabupaten Asahan hadir guna menyelenggarakan sosialisasi perkenalkan 6 cabang permainan, bertempat di Alun-alun Rambate Rataraya, Kota Kisaran, Minggu (28/03/2021) sekira pukul 15:00 Wib.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari berturut-turut tersebut, yakni terhitung sejak tanggal 27-28 Maret 2021 dihadiri dan dipimpin langsung oleh Ketua PORTINA Kabupaten Asahan, Qomaruddin serta didampingi Sekretaris, Bendahara juga beberapa pengurus lainnya.

Ada pun 6 cabang permainan tradisional yang diperkenalkan selama 2 hari di Alun-alun Rambate Rataraya ke khalayak ramai yaitu, Panahan jemparingan, Terompa, Tarik tambang, Lomba layang-layang, Bola kasti dan Hadang/gerobak sodor.

Qomaruddin berharap, dengan kegiatan sosialisasi permainan tradisional tersebut, nantinya dapat mendorong dan menumbuh kembangkan kembali minat dari pada anak-anak muda di era yang skarang. Tentunya hal tersebut juga tidak lepas dari dukungan dari Pemkab Asahan, agar permainan tradisional peninggalan leluhur kita dapat tetap terjaga kelestariannya.

Lebih lanjut, Ketua PORTINA Asahan ini kembali mengingatkan bahwasanya permainan tradisional jangan lah dianggap sepele, karena bagi anak Asahan yang nantinya berprestasi akan bisa bersaing sampai kekancah Nasional bahkan Internasional.

“Permainan tradisional ini juga ada evant atau pertandingan yang akan dilaksanakan setiap tahun nya, tentu saja itu berjenjang mulai dari Festival Kabupaten, Provisnsi serta Nasional.” Ujar Qomar mengakhiri pernyataannya.

Hendra Piliang

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *