Mirip Kisah Putri Tidur, Gadis Asal Kal-Sel Mengidap Tidur Berkepanjangan Alias Hipersomnia

Echa

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Tidur seharian penuh saja bisa membuat kepala menjadi pusing, apalagi tidur sampai sepekan. Hal unik ini dialami gadis asal Kalimantan Selatan yang mengidap suatu kondisi yang membuatnya bisa tidur berhari-hari.

Sebelumnya, Echa sempat dirawat di RSUD Dr Ansari Saleh Banjarmasin setelah tiga hari tidak bangun dari tidur. Namun karena pemeriksaan medis menunjukkan kondisinya normal-normal saja, Echa dibawa pulang ke rumah. Begitu menurut penuturan Mulyadi, ayah Echa.

Dalam tidurnya yang panjang itu, Echa mendapat asupan nutrisi dengan cara disuapi oleh orang tuanya.

Echa mengalami kondisi tidur berkepanjangan bukan hanya kali inj. Kisahnya pernah menjadi perbincangan pada tahun 2017, dan kisahnya itu dikaitkan dengan hipersomnia. Berdasarkan ciri-cirinya, sejumlah netizen mengaitkannya dengan sindrom putri tidur atau Kleine-Levin Syndrome.

Pakar kesehatan tidur dari Snoring & Sleep Disorder Clinic Pondok Indah, dr Andreas Prasadja, RPSGT, ketika itu menjelaskan bahwa Kleine-Levin Syndrome merupakan kondisi yang ditandai dengan penyakit hipersomnia periodik. Artinya, pengidapnya bisa tertidur dalam jangka waktu sangat lama.

“Di Indonesia belum pernah (ada sindrom Kleine-Levin), kali ini baru yang pertama yang saya tahu. Kasusnya sangat jarang, dan pengobatannya pun belum ada yang pas,” ujar dokter yang juga praktik di Rumah Sakit Mitra Kemayoran tersebut, Kamis (26/12/2017).

(Sulaiman)

POJOKREDAKSI.COM

Baca Juga :  Mengantisipasi Penyebaran Covid-19, Satlantas Sosialisasikan Penggunaan Masker

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *