Bupati Bogor Meresmikan Kampung Herbal di Perumahan Villa Permata Mas Gunung Putri

Bupati Bogor Ade Yasin menanam jahe di Kebun Herbal Perumahan Villa Permata Mas, Desa Bojong Nangka, Gunung Putri/YHW

Gunung Putri, POJOKREDAKSI.COM – BUPATI Bogor, Ade Yasin meresmikan Kampung Herbal di Villa Permata Mas, Desa Bojong Nangka, Kecamatan Gunung Putri, Rabu, 24/11/2021.

Dalam kesempatan ini, Ade Yasin mengapresiasi warga Perumahan Villa Permata yang memiliki tingkat kesadaran tinggi terhadap lingkungan hidup, khususnya pemanfaatan pekarangan rumah untuk tanaman herbal. “Hebat perumahan ini. Sangat bersih dan banyak tanaman herbal yang tumbuh di pekarangan warga,” sebut Ade Yasin.

Peresmian Perumahan Villa Permata sebagai Kampung Herbal sesuai dengan kriteria

Ade Yasin melanjutkan, launching Kampung Herbal ini menjadi bukti perhatian warga Perumahan Villa Permata, Desa Bojong Nangka terhadap lingkungan sekitar. Sebab herbal memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Ade Yasin memberi contoh seperti jahe merah, sereh, terus ada lengkuas dan lain-lain. Ada sayuran juga, seperti sayuran hidroponik, selada, tomat, cabai, dan lain-lain.

Bupati juga berkesempatan untuk memanen jahe merah di kebun herbal yang berada di perumahan Villa Permata Mas 1. “Ini luar biasa, warga di kampung ini semuanya punya kesadaran yang tinggi dalam memelihara lingkungannya, dengan menanam tanaman yang bermanfaat untuk keluarga maupun bisa bernilai ekonomis,” ungkap Ade Yasin.

Turut hadir pada peresmian tersebut, Ketua PKK Kabupaten Bogor, Halimatu Sadiyah Iwan Setiawan, perwakilan PT. Bintang Toedjoe, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra), Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Ketua Ikatan Keluarga Istri Anggota Dewan (IKIAD) beserta jajaran Pemkab Bogor dan Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam).

Baca Juga :  Jokowi; Saya Akan Menjadi Orang Pertama Yang Menerima Vaksin Covid-19

Orang nomor satu di Kabupaten Bogor itu mengungkapkan, jadi ada kerjasama juga dengan PKK Kabupaten Bogor dan PT. Bintang Toedjoe. Mereka berikan support berupa bibit tanaman, lalu ditanam dan dirawat oleh ibu-ibu.

“Nah tanaman ini nantinya setelah jadi, dipanen dan dijual kembali ke PT. Bintang Toedjoe. Ini suatu kolaborasi yang luar biasa menurut saya, jadi ada manfaatnya,” tuturnya disambut tepuk tangan warga.

Sementara itu, Ketua PKK Bogor Halimatu Sadiyah Iwan mengharapkan adanya perubahan sikap dari warga masyarakat terkait penghargaan terhadap lingkungan hidup. Hal ini bukan saja tanggungjawab pemerintah, tetapi seluruh komponen bangsa.

Atas itu, Perumahan Villa Permata Mas diharapkan ada perubahan sikap sebagai warga masyarakat yang desanya ditunjuk untuk proyek percontohan Kampung Herbal. “Hal ini sejalan dengan 10 Porgram Pokok PKK khususnya program pangan dan program kesehatan,” sebutnya.

Tim penggerak PKK Kabupaten Bogor bekerja sama dengan PT. Bintang Toedjoe untuk membentuk pembina Kampung Herbal di Kabupaten Bogor. Kami memilih Desa Pamegarsari Kecamatan Parung dan Desa Bojong Nangka kecamatan Gunung Putri sebagai proyek percontohan,” ujar Halimatu Sadiyah.

Di akhir kegiatan, Ade Yasin dan Halimatu berkesempatan untuk mengunjungi stand warga Perumahan Villa Permata Mas yang menyediakan aneka kerajinan tangan rumah tangga yang langsung dari warga perumahan sendiri. Ada keripik daun kelor, ada minuman jahe, lemon, sereh, kursi dan meja dari kayu, dan lain-lain (YHW).

Foto-Foto:

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *