Fenomena Hujan Es dan Angin Kencang Terjang Wilayah Kota Surabaya

Surabaya, POJOKREDAKSI.COM -Sejumlah rumah dan pohon tumbang wilayah di Kota Surabaya akibat diterjang hujan es disertai angin kencang, pada Senin (21/02/2021).

Kepala koordinator bidang observasi dan informasi (BMKG) Badan Meteorologi, Klimatologi dan
Geofisika kota surabaya Sutarno mengatakan, fenomena itu disebabkan oleh awan Cumulonimbus (CB).

“Fenomena hujan es terjadi karena adanya awan Cumulonimbus,” kata Kordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, Sutarno, Selasa (22/02/2021).

“Hujan Es disertai angin kencang yang menguyur Sebagian Kota di Surabaya merupakan awan yang bermacam-macam partikel yaitu butiran air,butiran air super dingin dan partikel es,Sehingga hujan lebat masih berupa partikel padat es atau hail dapat terjadi,” tambah Sutarno.

Meski begitu, tak semua awan Cumulonimbus mengeluarkan hujan es. Hal itu, kata Sutarno tergantung dari pembentukan dan pertumbuhan awan tersebut.

“Biasanya awan yang mengeluarkan hujan es berbentuk berlapis lapis dan seperti bunga kol, di antara awan tersebut mempunyai batas tepi berwana abu-abu, menjulang tinggi berubah warna jadi hitam,”ungkapnya.

Fenomena hujan es ini,lebih sering terjadi pada masa peralihan musim atau pancaroba, adapun waktunya lebih sering antara siang atau sore hari dan terjadi sekitar 10 sampai 15 menit.

Ia pun mengimbau agar masyarakat mewaspadai cuaca ekstrim seperti hujan es dan hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang.

(Sigit Santoso)

POJOKREDAKSI.COM

Baca Juga :  PT Karniel Pacific Indonesia Berikan Bantuan Vitamin C ke Pemkot Surabaya

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *