Kondisi Jalan Berlubang dan Rusak saat Musim Hujan, Jadi Perhatian Anggota DPRD Kota Surabaya

Surabaya, POJOKREDAKSI.COM – Kondisi jalan di kota surabaya banyak mengalami kerusakan atau berlubang akibat genangan air hujan yang terjadi selama musim hujan tahun ini.

anggota komisi C bidang pembangunan DPRD kota Surabaya ,William wirakusuma mengungkapkan, ada sekitar 336 ruas jalan di kota Surabaya yang mengalami kerusakan di berbagai jalanan kota surabaya.

“Kami minta kepada pemerintah kota (Pemkot) surabaya,agar memperbaiki jalan yang rusak,terutama di ruas tengah kota,karna banyak genangan air setelah hujan berhenti,”ungkap William, kamis(17/3/2022).

Menurutnya banyak ruas jalan yang rusak hampir merata di seluruh wilayah kota surabaya,salah satunya di jalan tidar yang banyak genangan air,setelah banjir mulai surut.

William juga menambahkan, kerusakan jalan di Surabaya akibat hujan cukup variatif mulai dari rusak ringan,sedang,hingga berat.

“Di setiap wilayah kota Surabaya, ruas jalan yang rusak berbeda-beda. Ada yang ringan hingga berat,terlihat banyak lubang di satu wilayah ada juga yang beberapa lubang saja,”tambahnya.

Untuk tahun ini anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2022.pemerintah Surabaya telah mengalokasikan sekitar Rp 30 miliar untuk perbaikan jalan.

Maka dari itu, William anggota dari komisi C tersebut, meminta Pemerintah kota Surabaya agar melakukan perbaikan jalan rusak.

“Saya menerima banyak keluhan dari warga. Ini kan membahayakan pengguna jalan,” tambah William.

Menurut standard nasional jalan harus sesuai (IRI) international roughness index atau indeks kekasaran jalan,semakin besar nilai IRI dalam satuan meter per kilometer maka semakin buruk pula keadaan jalannya.

Baca Juga :  Beri Rasa Aman, Polsek Air Batu Pengamanan Ibadah Sholat Idul Fitri 1443 H

Sebagaimana yang sudah tertuang dalam peraturan menteri pekerjaan umum (permen PUPR) nomor 13/PRT/M/2011 tentang cara pemeliharaan dan penilikan jalan.

“Saya mengusulkan pelapisan ulang jalan (overlay), harus dikerok terlebih dahulu dan diberi landasan agar tidak bergelombang atau menonjol,” tutup William.

Sebelumnya,Armuji wakil walikota Surabaya,meminta warga melaporkan kondisi jalan yang rusak atau berlubang melalui command center 112 atau ke aplikasi “wargaku” yang berfungsi sebagai pengaduan dan layanan warga.

Saat musim hujan,beberapa ruas jalan dikota Surabaya memang tidak semuanya dalam keadaan baik,contohnya ia mengakui dapat laporan dari warga banyak jalan yang berlubang seperti di daerah kapasan,Tambaksari,bubutan, bahkan ada yang dekat dengan instansi-instansi kantor pemerintahan kota.

(Sigit Santoso)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *