Tempat Pemakaman Umum (TPU) Mbah Ratu di Surabaya Penuh Sesak Dipadati Orang-Orang untuk NYEKAR

Surabaya, POJOKREDAKSI.COM – Penuh sesak terlihat di area pemakaman yang ada di surabaya di hari lebaran idul fitri 1syawal 1443 H, dalam istilah budaya orang Jawa disebut nyekar.

Salah satunya terlihat di tempat pemakaman umum (TPU) mba ratu yang ada di jalan Demak Surabaya, banyak orang-orang berdatangan untuk berziarah di pemakaman untuk mendoakan orang tua,saudara,dan kerabat yang sudah meninggal.

Hadi Waluyo warga setempat,saat ditemui di area pemakaman mengungkapkan,dirinya bersama keluarga besarnya berziarah ke kuburan orang tua dan saudara yang di makamkan di TPU Mbah ratu ini.

“Tadi ziarah di makam ibu dan ibu mertua serta keluarga yang dimakamkan di sini,”ungkap Hadi.

Hadi menuturkan jika momen lebaran tahun ini banyak keluarga yang dari jauh juga datang berkunjung untuk silahturahmi dan berkumpul saling memaafkan.

“Kebetulan saudara yang jauh-jauh juga datang,sekalian saja saya ajak ke kuburan untuk mendoakan orang tua,”tutur Hadi.

Sementara itu BPK gentong petugas pemakaman Mbah ratu menjelaskan jika momen lebaran tahun ini banyak orang berdatangan ke TPU karena sejak pandemi warga di larang ke TPU karena pandemi covid 19.

“Lebaran tahun ini TPU Mbah ratu full pengunjung,karena dua tahun terakhir banyak orang tidak boleh ke pemakaman karena pandemi covid 19,”jelasnya.

Gentong menambahkan jika di momen lebaran pemakaman Mbah ratu dipadati orang berziarah,dan para penjual kembang Sekar,serta para pembersih makam untuk mengais rejeki.

(Sigit Santoso)

POJOKREDAKSI.COM

Baca Juga :  Hasil Razia dan Penilangan Selama 2 bulan Terakhir, Satlantas Polrestabes Palembang Musnahkan 210 Knalpot Racing

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *