Pokja IKM BGP Provinsi Sulawesi Utara Sukses Gelar Upgrading Penggerak Komunitas Belajar

BGP Sulawesi Utara/Yubel Mawa

Nusantaraaktual.com, Manado – Upgrading Penggerak Komunitas Belajar sukses digelar oleh Balai Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari (8-10 November 2022) di hotel Luwansa ini membawa tema,“Guru Penggerak Sebagai Aktor Penggerak Komunitas”.

Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Utara, Dra. Maasje Kalalo, M.Pd. dalam sambutan pembukaan kegiatan memberi apresiasi kepada semua peserta yang datang dari pelbagai kota dan kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara. Harapannya para penggerak Komunitas Belajar dapat bersinergi dengan semua stakeholder pendidikan dalam upaya menumbuhkan akselerasi perkembangan pendidikan di Provinsi Sulawesi Utara.

BGP Sulawesi Utara/Yubel Mawa

Kegiatan yang menghadirkan Konsultan Pendidikan Kemendikbudristek RI sebagai narasumber ini merupakan salah satu program dari Pokja IKM Balai Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Utara. Dalam sesi orientasi, Koordinator Pokja IKM BGP Sulut, Arianto Batara, S.P., M.Pd. menggarisbawahi tujuan penting dari kegiatan ini. Ia berharap sesudah mengikuti kegiatan upgrading, para Penggerak Komunitas dapat action lebih giat lagi di satuan pendidikan masing-masing. Menurutnya, progres percepatan IKM turut didukung juga oleh Komunitas Belajar Sekolah (KBS). Karena itu setiap Penggerak KBS mengemban peran penting untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

BGP Sulawesi Utara/Yubel Mawa

Selama proses kegiatan, para peserta difasilitasi oleh Konsultan Pendidikan Kemendikbudristek RI: Weilin Han, M.Sc. dan Simon Petrus Rafael, M.Pd. Pada sesinya, Weilin Han, M.Sc. memfasilitasi para peserta untuk sampai pada pemahaman tentang esensi Komunitas Belajar dalam hubungan dengan keberpihakan pada peserta didik. Selama proses fasilitasi, Pengembang Modul Pendidikan Guru Penggerak ini telah membantu untuk meningkatkan keterampilan para peserta sebagai bagian dari komunitas yang memiliki tujuan spesifik, yaitu perkembangan belajar peserta didik.

Baca Juga :  HUT Vox Point Indonesia Ke-8 Tahun: Gelar Silaturahmi Kebangsaan dan Buka Puasa Bersama Merawat Kebhinekaan

Konten proses menjadi lengkap dengan fasilitasi dari Simon Petrus Rafael, M.Pd., Dalam sesinya, Pengembang Platform Merdeka Mengajar ini membekali para peserta dengan kemampuan coaching dengan prinsip-prinsip TIRTA.

Seusai kegiatan, peserta mengungkapkan kekaguman dan semangat sebagai hasil dari proses upgrading itu. Kepada Tifanews, Salehuddin (salah seorang peserta, merupakan Penggerak KomBel MGMP IPA Terpadu Kabupaten Boaang Mongondow Selatan) mengungkapkan rasa terima kasih kepada BGP Provinsi Sulawesi Utara karena sudah menggelar kegiatan itu. Ia berharap kedepan kegiatan-kegiatan on site seperti itu masih terus ada. (Novie Rompis)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *