1.600 Dosis Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Tiba di Labuan Bajo

vaksin covid 19

Labuan Bajo, POJOKREDAKSI.COM – Upaya penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat memasuki babak baru dengan tibanya Vaksin Covid-19 (CoronaVac) sebanyak 1600 Vial/Dosis di Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, pada Minggu, 31/01/2021.

Penjemputan Vaksin tersebut dipimpin langsung oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Manggarai Barat; Ismail Surdi di terminal Kargo Bandar Udara Komodo, didampingi Kepala Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Mabar; Nuryadin, Kabag Ops Polres Mabar; AKP Roberth M. Bolle, Danki Brimob; Iptu Raimundo De Jesus, Danramil 1612-02/Komodo; Kapt. Inf. I Nyoman Sukada; Kepala Gudang Farmasi Mabar; Ferdinandus Bambang, dan Kepala Satuan Pol PP; Stef Salut.

Dalam pernyataannya, Sekda Manggarai Barat, Ismail Surdi, menjelaskan mengenai tahapan pendistribusian Vaksin jenis CoronaVac tersebut di Kabupaten Manggarai Barat.

“Hari ini kita menerima 1600 vial/dosis Vaksin Covid-19 jenis CoronaVac. Pendistribusiannya akan dimulai pada Rabu, 3 Februari 2021 yaitu untuk 10 orang target esensial yang terdiri dari pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), tokoh agama, serta tokoh masyarakat. Lalu sisanya akan disalurkan kepada tenaga kesehatan dan medis yang berada di pemerintahan dan fasilitas kesehatan yang tersebar di Kabupaten Manggarai Barat yang merupakan garda depan penangan Covid-19 sehingga paling rentan terpapar”, terang Ismail.

Sejak Maret hingga Desember 2020 total ada 363 tenaga kesehatan dan medis yang gugur akibat Covid-19 dengan rincian 202 dokter, 15 dokter gigi, dan 146 perawat. (sumber: PB Ikatan Dokter Indonesia).

Lebih lanjut Ismail juga menambahkan, pendistribusian vaksin tidak hanya berhenti pada tahap pertama. Akan ada tahapan selanjutnya yakni untuk masyarakat umum sesuai surat edaran dari Kementerian Kesehatan tentang pendistribusian vaksin.

Baca Juga :  Pemuda Katolik Sulteng Audiensi dengan Kaban Kesbangpol

Vaksin jenis CoronaVac tersebut tiba pada pukul 12.30 waktu setempat dan langsung dibawa ke tempat penyimpanan Gudang Farmasi Kabupaten Manggarai Barat.

Terpisah, Direktur Utama (Dirut) Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF), Shana Fatina anstusias! Menurutnya kedatangan Vaksin tersebut merupakan sebuah langkah maju dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Manggarai Barat.

“Ini tentunya sebuah berita gembira untuk kita semua. Ditengah upaya untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 yang kian merebak. Pendistribusian vaksin ini memberi harapan agar pandemi ini segera berlalu”, ucap Shana.

Shana juga menekankan, kedatangan vaksin tidak serta merta menurunkan intensitas penerapan protokol kesehatan. Menurutnya, semua pihak harus tetap siaga, dengan terus menerapkan protokol kesehatan dan kebiasaan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak).

Selain paket vaksin untuk Kabupaten Manggarai Barat. Pada saat bersamaan, Pemkab Mabar juga menjemput dua (2) paket vaksin yang diperuntukkan bagi Kabupaten Manggarai yang langsung diberangkatkan ke Ruteng, Manggarai.

Sebagai informasi, CoronaVac adalah vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh perusahaan biofarmasi Tiongkok, Sinovac. Sejak pertengahan tahun 2020, calon vaksin ini menjalani penelitian klinis tahap III, dan mendapatkan persetujuan untuk penggunaan darurat yang saat ini berlangsung di Brasil, Chili, Indonesia, dan Turki. CoronaVac ini juga telah disuntikkan kepada pejabat esensial Indonesia, paling pertama adalah pada Presiden Joko Widodo pada Rabu, 13 Januari lalu.

Yadwilgas

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *