Danrem 062/Tarumanagara Menghadiri Pembukaan TMMD ke-110 di Wilayah Kodim 0610/Sumedang Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang

Sumedang, POJOKREDAKSI.COM – Komandan Korem 062/ Tn Kolonel Inf Muhamad Muchidin S.Sos menghadiri pembukaan TMMD ke-110 di Wilayah Kodim 0610/Sumedang Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang bertempat di SDN Sukamukti Selasa 2/03/2021.

Kegiatan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan Camat Tanjung medar Bpk Encu Nursamsu menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan di Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang, Terkait dengan kegiatan TMMD, khususnya masalah memfasilitasi adanya infrastruktur. Mudah-mudahan ke depan warga Kecamatan Tanjungmedar , bisa lebih meningkatkan seperti perekonomian, baik itu mengenai hasil-hasil bumi dan lain sebagainya.

Terkait masalah keberadaan di lapangan, alhamdulillah pelaksanaan TMMD dari mulai. sampai dengan sekarang masalah swadaya masyarakat
masih terkenal dengan masalah gotong royong yang masih kental, masyarakat tanpa pamrih tanpa diperintah, yang bersangkutan semua masyarakat aktif untuk istilahnya bersama-sama membangun jalan terkait dengan program TMMD ke-110 di Kabupaten Sumedang yang merupakan kegiatan pembuatan jalan yang memghubungkan langsung Kabupaten Sumedang di Desa Tanjung Siang dengan Desa Cikaramas yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Subang.

Paparan Dandim 06 10/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa, SE.,M.Si menyampaikan laporan kesiapan kegiatan TMMD ke-110 di Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar wilayah Kodim 0610/ Sumedang. Adapun waktu pelaksanaan kegiatan TMMD, PRA TMMD dimulai tanggal 3 sampai dengan 25 Februari 2021.

Hasil yang dicapai dalam pekerjaan cor beton Jalan Panjang 1.193 m x lebar 2,5 m x tebal 15 cm hasil 50% , pekerjaan gorong-gorong panjang 4 m x 60 cm x 2 unit hasil 50%, pekerjaan bronjong kawat pondasi panjang 10 m x tinggi 1,5 m hasil 100%, bronjong panjang 10 m x Tinggi 4 m : 5 trap hasil 100%

Sedangkan waktu TMMD yang akan dibuka tanggal 2 Maret 2021 dan di tutup tanggal 31 Maret 2021.

Baca Juga :  Forkopimda Bali Sambut Kedatangan Kapal Latih KRI Bima Suci -945

Pada hari pembukaan dilaksanakan pembagian sembako kepada masyarakat,
pelayanan KB dan kesehatan, pemberian bibit pohon 1000 pohon, pelayanan SIM keliling dan pelayanan Samsat keliling.

Sasaran kegiatan diantaranya sasaran fisik berupà pengerjaan jalan sistem cor beton, pengerjaan gorong-gorong, pekerjaan bronjong kawat.

Sasaran tambahan diantaranya pengerjaan Rehab Masjid Nurul Iman dan Rehab MCK sedangkan Sasaran Non fisik diantaranya pengobatan gratis, pelayanan KB, pemberian sembako, pengobatan cuma-cuma, harkamtibmas dan penanganan covid 19 berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan, Wasbang atau bela negara, terorisme, pengolahan hasil pertanian, kawasan rumah Pangan Lestari.

Selanjutnya kekuatan pasukan yang terlibat, kelompok Komando Satgas 15 orang, Tim asistensi penyuluh 25 orang, Tim kesehatan 5 orang, Tim teknis 4 orang, SSK TNI 110 orang. Sumber anggaran dukungan dari PJO TMMD sebesar Rp. 340.300.000,-. dan APBD Kabupaten Sumedang TA. 2021 sebesar Rp 1 Miliyar, serta bantuan dari dinas instansi badan lembaga Kabupaten Sumedang, masyarakat material dan hibah tanah.

Kemudian dilanjutkan acara penyerahan alat-alat kerja oleh Bupati Sumedang serta penandatanganan berita acara penyerahan program TMMD ke-110.

Sambutan Bupati Sumedang Dr. H. Doni Ahmad Munir, ST., M.M. menyampaikan kegiatan TMMD yang akan dilaksanakan di Desa Kertamukti Kecamatan Tanjung medar, tentunya ada beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan TMMD ini, yang pertama adalah tentunya kegiatan ini akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini merupakan bukti kemanunggalan antara TNI dan masyarakat, dalam memberikan kontribusi dalam
pelayanan yang terbaik bagi masyaraka, pada akhirnya akan bermuara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seperti dibangun jalan dengan tentunya akan merubah aspek mempermudah akses lalu lintas, hasil-hasil pertanian, datang ke sekolah dan datang ke fasilitas kesehatan, itu adalah salah satu faktor kemajuan pembangunan di tempat ini, untuk meningkatkan kesejahteraan dan menjadi sebuah motivasi bagi masyarakat untuk meningkatkan partisipasinya dalam melaksanakan pembangunan .

Baca Juga :  Satgas Nemangkawi Tangkap Pendeta Penyandang Dana Pembelian Senjata KKB

Di akhir acara menyanyikan lagu Bagimu Negeri serta acara tambahan berupa penyerahan sarana kontak pembagian sembako dan peninjauan lokasi TMMD.

Hadir pada acara tersebut diantaranya Kasgartap II Bandung Cimahi,
Aspers Kasdam III/Siliwang,
Kazidam III/Siliwangi,
Pa Liaison TNI AL Kodam III/Siliwangi,
Dandim Jajaran Korem 062/Tn,
Dan/Kasatbalak Korem 062/Tn,
Ketua DPRD Kab. Sumedang, Kapengri Kab. Sumedang, Kajari Kab. Sumedang dan Kapolres Sumedang, Danyonif R 301/PKS, Kasiter Korem 062/Tn,
SKPD dan tokoh masyarakat Sumedang.

(Penrem 062/Tn)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *