Tinjau Lokasi TPA, Bupati: Perlu Dilakukan Perluasan & Peningkatan Pengelolaan

Asahan, POJOKREDAKSI.COM – Bupati Asahan, H. Surya, BSc, didampingi Pj. Sekdakab Asahan, Drs. Jhon Hardi Nasution, MSi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Agus Jaka Putra Ginting, SH, MH, Kadis PUPR dan Kadis Kominfo meninjau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang berlokasi di Kelurahan Sei Renggas, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Rabu (31/03/2021).

Kedatangan orang nomor satu dikabupaten Asahan tersebut, untuk meninjau secara langsung pengelolaan sampah yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan memastikan penanganannya dilakukan secara baik dan benar.

Setelah melakukan peninjauan, Bupati menginstruksikan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup agar bekerjasama dengan Kepala Dinas PUPR untuk segera mengerahkan alat berat, guna merapikan tumpukan sampah yang berserakan.

Mengenai lokasi saat ini, H. Surya menilai masih mampu menampung sampah dari Kota Kisaran dan sekitarnya hingga 2 smapai 3 tahun mendatang. Namun bupati berharap lokasi sampah itu perlu dikelola dengan baik, sehingga lokasi TPA ini benar-benar rapi serta sampah yang diangkut kesana tidak berserakan. “TPA ini perlu pengelolaan yang bagus, tujuannya agar sampah-sampah yang dibuang benar-benar tidak menganggu masyarakat sekitar,” ujar Bupati.

Dengan mengerahkan alat berat jenis beco ke lokasi, lanjut H.Surya sebagai langkah agar sampah yang dibuang tersebut tidak berserakan dan tertata dengan baik, beliau juga berharap kedepan petugas yang memungut serta membuang sampah ke TPA benar-benar memperhatikan sisi lingkungan, jangan asal buang.

Lebih lanjut H. Suraya juga mengatakan, sesuai laporan Kepala Dinas LH bahwa luasan lokasi TPA saat ini kurang lebih 2 Ha, kedepan kita akan mengajukan penambahan luas lokasi TPA ke pihak PT BSP sebanyak 8 Ha, jadi nantinya luas TPA Sei Renggas ini menjadi 10 Ha dengan harapan dilokasi ini nantinya akan dibangun mesin pengolah sampah terpadu agar sampah yang terkumpul dapat dikelola dengan baik serta memberikan manfaat.

Baca Juga :  Bupati Apresiasi Kartini Asal Asahan Peraih Penghargaan di Bidang Kesehatan

Untuk memaksimalkan pengelolaan sampah di lokasi TPA Sei Renggas, Bupati juga meminta kepada Kadis LH untuk mengajukan Anggaran Pengadaan alat berat jenis beco pada P.APBD tahun 2021, serta segera melakukan Konsultasi ke kab/kota yang pengelolaan sampahnya sudah berjalan baik, agar nantinya dapat diterapkan juga di Kabupaten Asahan.

(Hendra Piliang)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *