Ad Widget

Pertama Kali di Dunia Seorang Bayi Terlahir Dengan Tiga Penis

Ad Widget

Irak, POJOKREDAKSI.COM – Ilmu kedokteran dihadapkan pada kasus yang baru pertama kali terjadi di dunia. Kasus yang dimaksud adalah kelahiran yang tidak normal dari seorang bayi di Irak. Bayi tersebut rupanya terlahir dengan tiga penis atau triphallia, menjadikannya sebagai manusia pertama di dunia yang memiliki tiga penis.

“Supernumerary penis atau penis tambahan merupakan kelainan urogenital kongenital yang sangat langka dan pertama kali dilaporkan pada 1609 oleh Wecker. Setelah itu sekitar 100 kasus diphallia dilaporkan dalam literatur,” tulis penulis dalam laporannya seperti dikutip dari IFL Science, Selasa (6/4/2021).

Kasus ini terungkap setelah orang tuanya menemukan adanya pembengkakan pada skrotum. Mereka kemudian membawa bayinya untuk diperiksa. Dari pemeriksaan, terlihat ada satu bagian memanjang dari akar penis asli dan memiliki kelenjar. Sementara bagian lainnya berada di bawah skrotum.

Team kesehatan memutuskan untuk mengadakan operasi pengangkatan hidrokel dan dua penis ekstra. Operasi berjalan lancer dan sukses. Kini si bayi dapat menjalani kehidupan yang normal.

Kondisi penis ganda atau diphallia bisa terjadi karena kondisi genetik tetapi bukti juga menunjukkan bahwa obat-obatan dan infeksi selama kehamilan juga berperan. Memiliki penis ganda diketahui tak berbahya tetapi akan cukup menganggu. Diphallia juga dikaitkan dengan masalah bawaan lain yang perlu diperhatikan, termasuk masalah pada sistem pencernaan dan saluran kemih.

Ignas Fernandes

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *