Ad Widget

Isoman Mendapatkan Paket Obat Gratis

Ad Widget

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Pemerintah akan membagi paket obat gratis berupa vitamin dan obat-obatan kepada para penderita covid 19 yang sedang isolasi mandiri di wilayah yang beresiko di Pulau Jawa dan Bali, demikian keterangan pers Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo. Secara Simbolis Presiden memberikan paket obat isolasi mandiri dalam upacara singkat di halaman Istana Negara, dan penyalurannya akan dimulai Kamis, 15 Juli 2021.

Presiden Jokowi mengatakan upaya pemerintah ini untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak covid 19. Vitamin dan obat-obatan itu berjumlah 300.000 ribu paket yang terdiri dari tiga jenis paket. Paket ini untuk tujuh hari, paket satu berisi vitamin-vitamin untuk warga dengan PCR positif dengan tanpa gejala (OTG). Paket dua berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif dengan keluhan panas dan kehilangan penciuman. Paket ketiga untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering. Paket kedua dan ketiga memerlukan konsultasi dan resep dari dokter.
Semua paket isoman ini tidak diperjual-belikan, dan pasokannya dipersiapkan oleh Kementerian BUMN. Vitamin dan Obat-obatan tersebut akan diproduksi oleh BUMN Farmasi. Sedangkan pendistribusiannya akan dikoordinasi oleh Panglima TNI beserta Pemda, Puskesmas, Babinsa dan pengurus RT /RW.

Presiden berharap program ini bisa maksimal mengurangi resiko karena covid 19, dan membantu pengobatan warga yang menderita covid 19. Presiden juga berharap ketersediaan obat esensial untuk covid 19 di apotik tidak terganggu. Pengawasan ketat di lapangan diperlukan dalam pelaksanaan program ini, tambah Presiden Jokowi.

Selain itu Presiden RI menyebutkan bahwa Pemerintah akan memberi bantuan bahan pokok sembako lewat PKH dan juga bantuan sosial tunai. Sedangkan 300.000 paket vitamin dan obat-obatan juga akan disalurkan untuk masyarakat yang sedang isoman di luar Pulau Jawa dan Bali.

(Bonifasius Mba Balu)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *