Jokowi Minta Jajarannya Membuat Perencanaan Vaksinasi Covid-19

Presiden-RI-Jokowi
Presiden-RI-Jokowi

Jakarta-Pojokredaksi.con-Presiden Jokowi kembali memerintahkan jajarannya melakukan berbagai cara untuk menekan angka penularan virus Corona Covid-19.

Diantaranya, Jokowi meminta jajarannya membuat perencanaan vaksinasi Corona Covid-19 dalam waktu dua pekan.
“Saya minta untuk rencana vaksinasi, rencana suntikan vaksin direncanakan secara detail, seawal mungkin. saya minta dalam 2 minggu ini sudah ada perencanaan yang detail,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas secara virtual, Senin, 28/9.

Berikut 4 perintah Presiden kepada jajarannya untuk mencegah penularan virus Corona Covid-19.

Ingatkan Terapkan Mini Lockdown

Adapun intervensi berbasis lokal ini membatasi aktivitas dengan lingkup yang lebih kecil seperti, di tingkat RT/RW atau kampung. Menurut Jokowi pentingnya intervensi berbasis lokal dalam mengendalikan penyebaran Covid-19.

“Ini perlu saya sampaikan sekali lagi pada komite, intervensi berbasis lokal agar disampaikan ke provinsi, kabupaten/kota, pembatasan berskala mikro di tingkat desa, kampung, RW/RT, atau di kantor, ponpes, saya kira itu lebih efektif,” ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas secara virtual, Senin, 28/9.

Dia menyebutnya sebagai mini lockdown. Misalnya, apabila di suatu RT/RW ditemukan kasus positif maka hanya lingkungan itu saja yang diterapkan pembatasan aktivitas.

“Mini lockdown yang berulang ini akan lebih efektif,” ucap Jokowi.
Jika seluruh kabupaten/kota atau provinsi diterapkan pembatasan aktivitas, dikhawatirkan akan berdampak kepada perekonomian.

Untuk itulah, Jokowi menilai intervensi berbasis lokal paling efektif menekan kasus Covid-19.
“Jangan sampai kita generalisir satu kota, satu kabupaten, apalagi satu provinsi. Ini akan merugikan banyak orang,” kata Jokowi.

Baca Juga :  Wabup Asahan Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi dan Resmikan Rumah Isolasi Mandiri PT. Socfindo

Perencanaan Vaksinasi Covid-19 Selesai dalam 2 Pekan

Jokowi meminta jajarannya membuat perencanaan produksi vaksinasi Covid-19 dalam waktu dua pekan. Rencana tersebut katanya harus dibuat sedetail mungkin agar saat vaksinasi dimulai dapat berjalan lancar.

“Saya minta untuk rencana vaksinasi, rencana suntikan vaksin direncanakan secara detail, seawal mungkin. saya minta dalam 2 minggu ini sudah ada perencanaan yang detail,” kata Jokowi.

Dia menekankan, perencanaan ini harus memuat jadwal vaksin dimulai hingga siapa masyarakat yang pertama kali disuntikkan vaksin. Sehingga, saat vaksin Covid-19 sudah siap, perencanaan tersebut tinggal diterapkan.

“Kapan dimulai, lokasinya di mana, siapa yang melakukan, siapa yang divaksin pertama. Semuanya harus terencana dengan baik sehingga saat vaksin ada itu tinggal langsung implementasi pelaksanaan di lapangan,” jelas Jokowi.

Pengobatan Pasien Covid-19 di RS Mengacu Standar Kemenkes

Jokowi memastikan, penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit harus mengacu pada standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Penerapan standar Kemenkes ini berlaku baik bagi pasien yang berada di ICU, ruang isolasi, maupun wisma karantina.

“Saya tadi malam dapat laporan dari Wakil Ketua Komite dan Menkes, bahwa standar untuk pengobatan semuanya sudah diperintahkan untuk mengacu pada standar yang diberikan oleh Kemenkes,” ujar Jokowi.

Terus Tekan Angka Kasus Covid-19 Turun

Jokowi menyebut bahwa saat ini angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia masih tinggi dibandingkan rata-rata dunia, meski mengalami penurunan. Adapun rata-rata kematian pasien Covid-19 di tanah air 3,77 persen, sementara dunia 3,01 persen.

“Ini menjadi tugas kita bersama untuk menekan lagi agar rata-rata kematian di negara kita bisa terus menurun,” ucap Jokowi.

Dia juga menyinggung angka kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia yang saat ini 73,36 persen. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan rata-rata dunia yakni, 73,85 persen.
Untuk itu, Jokowi berharap agar penyeragaman standar pengobatan Covid-19 di seluruh rumah sakit dapat menekan angka kematian. Selain itu, dia ingin penyeragaman ini dapat memperbanyak jumlah pasien yang sembuh dari corona.

Baca Juga :  Bapak Presiden, Ini Sudah Vivere Pericoloso!

“Kita harapkan angka kematian turun angka kesembuhan lebih baik lagi,” ucap Jokowi.

(No Bren)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *