Vox Point Kecam Perusakan Masjid Ahmadiyah di Sintang

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Vox Point Indonesia mengecam aksi perusakan masjid Ahmadiyah di Tempunak, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat oleh ratusan warga setempat pada Jumat (3/9/2021).

“Kami mengecam atas aksi perusakan masjid Ahmadiyah di Tempunak, Kabupaten Sintang. Siapa pun pelaku dan aktor dibalik peristiwa tersebut harus dihukum sesuai hukum yang berlaku di NKRI,” kata Ketua Umum Vox Point Indonesia, Yohanes Handojo Budhisedjati, di Jakarta, Sabtu (4/9/2021).

Handojo menyayangkan terjadinya peristiwa tersebut. Mestinya, kata dia, semua elemen bangsa bersatu padu menjaga kerukunan umat beragama. Menciptakan perdamaian dan persatuan untuk keutuhan NKRI.

Namun, kata dia, jika ada persoalan yang terjadi harus diselesaikan melalui peraturan undang-undang yang berlaku. Bukan malah main hakim sendiri.

“Pemaksaan kehendak lewat cara kekerasan adalah salah satu bentuk teror yang harus disikapi secara tegas oleh pihak yang berwajib. Untuk itu, mohon kepada pemerintah untuk menindak tegas pelaku agar tidak menimbulkan persoalan lain di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Handojo.

Handojo meminta Pemkab Sintang agar memastikan warganya bisa menjalankan hak dan kebebasan beragama dan berkeyakinan setiap warganya.

Ia juga meminta tokoh agama untuk mengedukasi umatnya untuk menjaga semangat keberagaman. Karena itu adalah bagian penting dari moderasi beragama di Tanah Air.

“Upaya Pemerintah yang telah mendorong berbagai langkah moderasi beragama harus bisa dilakukan di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini sangat penting guna menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih harmonis,” pungkas Handojo.

Baca Juga :  TNI-Polri Dalam Menangani Teroris OPM Di Papua Tidak Pernah Melibatkan Masyarakat Sipil

Abet Theresia

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *