Vox Point Papua Barat Lantik Delapan Pengurus DPW

Manokwari,POJOKREDAKSI.COM – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Vox Point Indonesia Papua Barat melantik delapan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Vox Point Indonesia di Provinsi Papua Barat, di Aula Hotel Orieston, Kamis 11 November 2021.

Delapan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) tersebut di antaranya Kabupaten Manokwari, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Tambrauw, Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Kabupaten Fakfak.

Para pengurus Dewan Pimpinan Wilayah tersebut dilantik oleh ketua DPD Vox Point Indonesia Papua Barat Xaverius Kameubun. Pelantikan diawali pembacaan Surat Keputusan pengangkatan pengurus oleh Sekretaris DPD Papua Barat Bernardus Horokubun dan dipandu Bendahara DPD Vox Point Papua Barat Theresia Ngutra.

“Saya selaku Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Vox Point Indonesia Papua Barat melantik saudara saudari sekalian sebagai Badan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Vox Point Indonesia Se-Papua Barat. Selamat bekerja Tuhan Memberkati,” kata Ketua DPD Vox Point Indonesia Papua Barat Xaverius Kameubun pada prosesi pelantikan.

Xaverius mengatakan kehadiran Ormas Katolik Vox Point Indonesia karena prihatin kurangnya awam Katolik terlibat di bidang sosial politik kebangsaan dan kenegaraan. Demikian pula di Papua Barat, masih kurangnya awam katolik yang aktif. Bahkan, banyak yang apatis di bidang sosial politik kebangsaan dan kenegaraan. Padahal, kata dia, bidang ini sangat penting untuk bonum commune.

Menyadari hal tersebut, kata Xaverius, para pendiri Vox Point Indonesia mendeklarasikan Vox Point Indonesia 12 Maret 2016 sebagai wadah berhimpunya awam katolik untuk terlibat di bidang sosial politik kebangsaan dan kenegaraan.

Baca Juga :  Vox Point Sulsel Berbagi Untuk Korban Gempa Sulbar

“Maka dipandang penting untuk membentuk organisasi perkumpulan Vox Point Indonesia, sebagai pusat gagasan strategis dan implementasi perutusan umat katolik di bidang sosial politik kemasyarakatan dan kenegaraan demi terwujudnya kesejahteraan umum,” kata anggota DPRD Papua Barat itu.

Untuk itu, ia berharap agar para pengurus yang dilantik dapat menerjemahkan gagasan visi misi Vox Point Indonesia dalam program kerja yang berdampak bagi kesejahteraan umum.

Acara ini mengambil tema “Gerak Bersama Dalam Panggilan Perutusan”. Xaverius berharap agar para pengurus yang telah dilantik bersama-sama berjuang di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ketua Panitia Johanes Lebang mengatakan acara pelantikan pengurus merupakan bagian penting yang telah diamanatkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Vox Point Indonesia. Sehingga para pengurus mempunyai dasar hukum dalam melaksanakan tugas perutusan di kabupaten dan kota di Papua Barat.

Johanes menjelaskan para pengurus telah diberi pembekalan melalui sosialisasi yang dilakukan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Papua Barat. Sosialisasi dilakukan selama beberapa bulan di beberapa paroki, stasi dan lingkungan umat Katolik.

“Berdasarkan petunjuk Ketua DPD Vox Point Papua Barat sehingga sosialisasi dan koordinasi dilakukan setelah DPD Vox Point Indonesia Papua Barat dilantik pada 29 Juni 2020. Sehingga dapat dilaporkan hasil sosilaisasi tersebut hari ini dilantik 8 DPW,” kata Johanes.

Johanes menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara pelantikan tersebut. Secara khusus ia berterima kasih kepada pimpinan gereja dan umat katolik yang telah mendukung lahirnya Vox Point Indonesia di Papua Barat.

“Terima kasih kepada pimpinan Gereja Katolik dan umat yang telah mendukung kehadiran Vox Point Indonesia di Papua Barat,” ujarnya.

Ketua Umum Vox Point Indonesia Yohanes Handojo Budhisedjati mengingatkan para pengurus yang dilantik agar sungguh-sungguh mengabdikan diri di Vox Point Indonesia. Karena karya pengurus akan sangat bermanfaat dan berdampak positif bagi kehidupan umat katolik Papua Barat, gereja katolik dan bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Akrobatik Revisi UU Pemilu, Parpol Mulai Kalkulasi Kepentingan

“Saya selalu berpesan pada saat pelantikan Dewan Pimpinan Daerah dan Dewan Pimpinan Wilayah agar jangan jadi organisasi papan nama. Karena DPN telah memberi contoh dengan banyaknya aktivitas organisasi. Oleh karena itu, para pengurus DPW yang dilantik harus bisa berperan aktif dengan kretaivitas masing-masing sesuai arahan DPN dan kebutuhan organisasi di daerah,” ujar Handojo.

Acara ini dihadiri Uskup Kesukupan Manokwari-Sorong Mgr. Hilarion Datus Lega, Pastor Moderator DPD Papua Barat P. Athanasius Bame, OSA serta beberapa Rohaniwan Katolik.

Pelantikan disaksikan Ketua Umum Vox Point Indonesia Yohanes Handojo Budhisedjati, Sekjen Ervanus Ridwan Tou dan Waketum Bidang Organisasi Hubertus Manek.

Norben Syukur

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *