Siswa Asal Surabaya Sabet Juara Pertama Dalam Lomba Cerita Pendek (cerpen) di Dinas Pendidikan Gresik

Surabaya, POJOKREDAKSI.COM – Dalam rangka mencerdaskan anak bangsa dinas pendidikan kabupaten gresik menyelenggarakan lomba karya cipta opini,puisi dan cerpen bagi para siswa.

Kepala dinas pendidikan kabupaten Gresik, S.HARIANTO.s.pd.mengatakan,jika diadakannya lomba kreasi ini berguna bagi para siswa untuk mengasah kemampuan dan ketrampilan dalam berkreatifitas.

“Kita dukung para siswa-siswi dalam mengasah kemampuan dalam membuat ide-ide kreatifitas dari segi penulisan,”kata Hariyanto,Kamis (3/3/2022).

Hariyanto menambahkan,jika dalam acara ini diikuti oleh para siswa-siswi dari perwakilan sekolah yang ditunjuk oleh dinas pendidikan kabupaten Gresik saja yang memenuhi kriteria dalam mengikuti acara tersebut.

“Hanya siswa dan sekolah saja yang bisa berpartisipasi dalam acara ini,karna di kabupaten Gresik ini kan banyak,makanya diadakan seleksi dahulu,”tambah Hariyanto.

Sementara itu,syakilla peraih juara pertama untuk kategori lomba cerita pendek (cerpen ) mengungkapkan,sebelum mewakili sekolahnya untuk ikut lomba yang diadakan dinas pendidikan kabupaten gresik,syakilla harus diseleksi dahulu di sekolahnya.

“Allhamdulilah bisa juara 1(satu),sebelumnya Saya harus bisa lolos seleksi sekolah dulu,baru bisa mewakili sekolah saya,”ungkap syakilla.

Santri asal Surabaya,yang menimbah ilmu di pondok pesantren Gresik tersebut juga menjelaskan,sebelum menekuni dunia cerpen syakilla lebih sering menulis puisi.

“Saat menulis puisi kita harus bisa menyampaikan emosi dan pesan yang ingin disampaikan ke dalam kalimat/bait yang tidak terlalu panjang dengan indah dan pas, sedangkan saat menulis cerpen lebih pada bagaimana kita bisa membawa alur cerita sehingga bisa membuat emosi dari pembaca muncul mengikuti alur cerita yang kita buat,” jelas syakilla.

Baca Juga :  Melalui Subuh Keliling, H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST,MT Ajak Ummat Tetap Istiqomah

Syakilla juga membagikan tips dan triknya, terutama bagi pemula untuk menulis cerpen berdasarkan pengalamannya agar bisa menghasilkan cerpen yang menarik. Tips dan trik menulis cerpen yang menarik yaitu harus benar-benar memperhatikan tema lomba yang ditentukan.

“Oh ya, satu lagi yang penting adalah bagaimana memilih judul. Buat judul yang unik dan bisa membuat orang penasaran, sehingga berminat untuk membaca cerita kita,” tegasnya.

(Sigit Santoso)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *