Reni Astuti wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Hadiri Acara Sedekah Bumi di Donowati Sukomanunggal

reni astuti surabaya

Surabaya, POJOKREDAKSI.COM – Reni astuti wakil ketua DPRD kota Surabaya menghadiri acara sedekah bumi yang diadakan oleh warga RW 1 Donowati, Kelurahan Sukomanunggal, Surabaya. Minggu, (12/6/2022).

Kegiatan yang bertajuk ‘Doa Seribu Tumpeng’ mendapat apresiasi dari wakil rakyat asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Menurutnya tradisi tersebut lekat dengan budaya Jawa yang patut dilestarikan di tengah gempuran digitalisasi.

“Ini kegiatan luar biasa, di tengah era digitalisasi, tradisi sedekah bumi masih dihelat. Tentu kita sangat mengapresiasi, ini menunjukkan bahwa perjuangan tokoh-tokoh leluhur tetap dijunjung tinggi. Mudah-mudahan ke depan terus bisa dilanjutkan oleh anak-anak muda dan milenial,” kata Reni.

Seperti diketahui, kegiatan yang dilakukan setahun sekali ini mendapat antusias dari sembilan rukun tetangga (RT), terlihat mereka berbondong-bondong membawa tumpeng yang tersebar di dua lokasi. Satu di masjid Al-hidayah dan ada pula di Punden Kulon Donowati.

Sekitar 2000 warga dari berbagai RT yang ikut memeriahkan acara tersebut, selain para orang tua kegiatan lebih didominasi para kawula muda dan anak-anak.

“Gotong royong dan semangat kebersamaan sangat terlihat di Kampung Donowati. Para warga menyatu untuk saling mengucap rasa syukur atas keberkahan hidup yang selama ini melingkupi, sekaligus mereka mengungkapkan rasa terima kasih dan mendoakan para leluhur yang dulu berjuang membabat alas di kampung ini,” tutur Reni.

“Saya rasa kegiatan ini sangat menambah energi positif. Mudah-mudahan kedepan Kampung Donowati semakin sejahtera dan makmur, seperti yang menjadi doa para warga dalam kegiatan sedekah bumi,” sambung Reni.

Baca Juga :  Sempat Viral Karena Aksinya di Media Sosial Kini Meringkuk di Jeruji Besi

Reni menilai kegiatan tersebut,selain ada pelestarian budaya bisa juga menambah produktivitas warga, ia lantas mendorong sedekah bumi semakin ditingkatkan pada periode selanjutnya.

“Kita mendorong agar Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya ikut memberikan perhatian sesuai ke-khasan kampung-kampung yang dimiliki. Misalnya di Kampung Donowati ini, yang memiliki segudang pelaku seni dan budaya. Kita harapkan dapat difasilitasi dalam hal pemberdayaan masyarakat. Kampungnya juga dipercantik dengan tema budaya yang ada, dengan begitu akan menjangkau wisatawan untuk berkunjung,” jelasnya.

Reni juga mendukung adanya peringatan sedekah bumi setahun sekali, oleh karena itu pihaknya akan mendorong pemerintah kota Surabaya memproyeksikan donowati sebagi kampung seni budaya, apalagi ada aset milik Pemkot yang tidak dipakai,yang bisa dimanfaatkan sebagai balai budaya.

“Kampung Donowati sudah memiliki ciri khasnya, tinggal bagaimana peran dari pemerintah untuk membantu mewujudkan Donowati sebagai Kampung Seni dan Budaya,” ucap Reni.


(Sigit Santoso)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *