Mahasiswa Fakultas Hukum Unair Surabaya Resmikan Taman Baca Masyarakat di Kampung 1001 Malam

sekolah semu

Surabaya, POJOKREDAKSI.COM – Sekitar 30 orang Mahasiswa dari Komunitas Peradilan Semu (KPS) Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya (Unair), meresmikan perpustakaan di Kampung 1001 Malam, yang akan dijadikan Tamam bacaan masyarakat (TBM). Sabtu, (22/10/2022).

Dhamar Jagad selaku ketua pelaksana peresmian perpustakaan Kampung 1001 Malam mengatakan, bahwasanya kegiatan hari ini adalah untuk meresmikan perpustakaan agar anak-anak dan warga bisa mendapat wawasan dengan membaca.

“Butuh waktu sekitar 1 tahun dari tahun 2021, untuk mengumpulkan donasi dalam pembangunannya, allhamdulilah sekarang sudah terealisasi.” Ungkap Dhamar.

Ia menambahkan, tak hanya membantu dalam pembangunan perpustakaan saja, pihaknya juga mempunyai program kerja, yaitu sekolah ‘SEMU’ yang merupakan sekolah alternatif yang digagas oleh (KPS) untuk anak-anak di Kampung 1001 Malam.

“Sebetulnya dalam peresmian taman baca, Dekan mau datang dan ingin tahu tentang Kampung 1001 Malam, namun beliau berhalangan hadir,” tambah dhamar.

Dengan diresmikannya taman baca perpustakaan Kampung 1001 Malam ini, berarti sudah menjadi milik warga yang ada disini, ia berharap bisa dirawat dan dimanfaatkan dengan baik.

“Saya kira Kampung 1001 Malam ini bisa dikembangkan lagi, karena mengingat warga juga sudah mulai meningkat mulai dari segi ekonomi dan sosialnya,” ujarnya.

kampung 1001 malam

Selain dari para mahasiswa banyak komunitas dan lembaga lain yang sudah mengadakan kegiatan, mulai dari penyuluhan dan pelatihan yang mengajarkan workshop dan sebagainya.

“Saya berharap Pemerintah Kota Surabaya lebih bijak dalam melihat Kampung 1001 Malam lebih populis dan berpihak kepada kebutuhan masyarakat, seperti memberikan pelatihan-pelatihan kepada warga Kampung 1001 Malam biar lebih berkembang,” pungkasnya.

Baca Juga :  Wabup Labura Hadiri Paripurna Penandatanganan Nota Persetujuan Ranperda Antara Pemkab Labura dengan DPRD

Sementara itu perwakilan Kampung 1001 Malam, Sri Purwanti mengungkapkan, rasa terima kasih kepada Komunitas Peradilan Semu (KPS) dari Fakultas Hukum Unair Surabaya atas terbangunnya perpustakaan di Kampung 1001 Malam.

“Terima kasih semoga perpustakaan bisa dimanfaatkan oleh anak-anak dan warga yang ada disini,” kata sri.

Ia menegaskan bahwa di Kampung 1001 Malam, sudah banyak para mahasiswa seluruh Surabaya dan lembaga-lembaga yang sudah sering mengadakan kegiatan disini, yang bisa merubah image Kampung 1001 Malam.

“Disini sering yang mengadakan kegiatan dan penyuluhan untuk ibu-ibu dan anak-anak, seperti mengajar membuat ecobrick, tanam hidroponik, dan mengaji, baik dari lembaga kota Surabaya dan luar surabaya,” tegasnya.

(Sigit Santoso)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *