Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi UNITA Gelar Makrab di Pantai Pasifik Porsea

mahasiswa unita

Porsea, POJOKREDAKSI.COM – Pada Hari Sabtu tanggal 26 Nopember 2022, Mahasiswa Baru Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA) menggelar masa keakraban (Makrab). Kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Pasifik Porsea yang diikuti 72 Mahasiswa Baru.

Kegiatan makrab ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi Joan Berlin Damanik SSi MM, Hotlan Purba SE MM (Pembantu Dekan 1), Leonard Sinaga SE MM (Pembantu Dekan 3), Rosalinda Sitompul SE MM (Ketua Program Studi), Nurlinawati Simanjuntak SE MM (Sekretaris Program Studi), Talenta Marbun SE MSi (Pembantu Rektor 1), Herta Manurung SE MM (Pembantu rektor 2), dan Ronald Sihaloho, SE MM.

Pada kata sambutan Joan Berlin Damanik, SSi, MM, selaku Dekan Fakultas Ekonomi Unita, menyampaikan Bahwa Kegiatan Makrab ini, adalah suatu moment yang sangat penting kepada mahasiswa baru, untuk saling mengenal dan menjalin komunikasi yang baik.

Pada dasar suatu kegiatan akademik harus diawali dengan sesuatu kegiatan yang mampu mendorong para mahasiswa untuk mampu menggapai tujuan akhir dari perkuliahan, yaitu mendapat gelar sarjana yang memiliki kompetensi yang unggul.

Saat ini dengan kompetisi yag sangat ketat, diharapkan mahasiswa baru Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Singamngaraja XII Tapanuli harus benar-benar fokus untuk menimba ilmu selama perkuliahan, serta harus kreatif dan inovtif sehingga nanti setelah tamat benar-benar mampu bersaing dengan alumni kampus lainnya.

Makrab ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun untuk menyambut mahasiswa baru, terutama untuk mahasiswa baru angkatan Tahun ajaran 2022/2023.

Baca Juga :  Webinar GMNI dan Fakultas Ekonomi UNITA Mengambil Tema Mahasiswa Tetap Kreatif dan Termotivasi Perkuliahan Online Dimasa Pandemi

Kegiatan makrab sendiri bertujuan agar mahasiswa baru dapat berkenalan dengan teman-teman satu angkatan atau prodinya. Acara ini diisi dengan beragam kegiatan positif yang dipercaya bisa menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan.

Kegiatan ini dirangkai dengan kegiatan; Perkenalan Fungsionaris/Dosen, perkenalan mahasiswa dan acara permainan (game). Acara permainan (game) ini bertujuan untuk mendekatkan hubungan antar mahasiswa, dan hubungan mahasiswa dengan dosen.

Pada kegiatan tersebut juga langsung di tangani oleh pembantu dekan III (Leonard Sinaga, SE.MM) yang khusus membidangi kemahasiswaan, dan para panitia kegiatan Makrab.

Menurut Leonard tujuan pelaksanaan Makrab adalah untuk mengakrabkan antar sesama mahasiswa, untuk mengakrabkan antara mahasiswa dengan dosennya dan mencoba saling mengenal secara pribadi antara sesama mahasiswa dan juga kepada para dosennya.

Kegiatan Makrab ini Sangat penting sekali dilakukan mengingat terbatasnya ruang dan waktu antar mahasiswa dan juga kepada para dosen untuk berinteraksi secara langsung, disisi lain juga sangat bermanfaat dalam hal membina sifat kepedulian dan sikap tanggungjawab baik kepada dirinya sendiri dan juga kepada orang lain, begitu juga tentang kemampuan untuk bekerja secara team.

Pada kesempatan itu Rosalinda Sitompul, SE, MM selaku ketua Program Studi manajamen memberikan spirit motivasi untuk membina karakter dan semangat berjuang kepada mahasiswa baru. Rosalinda berharap terhadap mahasiswa baru kiranya kedepan harus dapat menyelesaikan perkuliahan tepat waktu, dan aktif mekakukan kegiatan kemahasiswaan di kampus. Bukan hanya mengikuti perkuliahan saja tapi bergiat dalam kegiatan mahasiswa seperti belajar memulai bisnis dalam UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan kegiatan lainnya.

Menurut Ledy Elza v saragi sebagai mahasiswa baru prodi manajemen yang turut serta menjadi panitia makrab merasakan manfaat yang besar sekali karena dilibatkan langsung menjadi panitia, dan diberikan tanggungjawab untuk mengelola pelaksanaan makrab.

Baca Juga :  256 Mahasiswa FE UNITA Ikuti Seminar Wisata Edukasi ke Samosir

Dia menyampaikan terima kasih kepada para dosen yang hadir pada kegiatan ini yang telah memberikan waktu dan buah pemikiran untuk mendorong mahasiswa untuk lebih maksimal selama perkuliahan. Dia merasakan keakraban dengan mahasiswa lainnya yang sebelumnya belum kenal tetapi dengan kegiatan ini menjadi saling kenal dan lebih komukatif dan dan juga merasa lebih dekat dengan bapak ibu dosen karena.

Menurut Imlek Simatupang juga selaku panitia dalam acara maskrab merasa sangat puas atas kekompakan yang telah terjalin dengan rangkaian beberapa Kegiatan yang yang mendukung rasa kekeluargaan tanpa melihat adanya perbedaan usia tua dan muda, semua bertingkah laku saling menghargai terutama untuk mahasiswa kepada para Dosen.

“Semoga Unita makin berjaya kedepannya,” ujarnya.

(Liber)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *