FKS3M Gelar Sosialisasi Komunikasi Edukasi dan Informatika dengan Gandeng IKD

ikd surabaya

Surabaya, POJOKREDAKSI.COM – Dengan semangat persatuan dan kesatuan, Forum Komunikasi Swadaya Masyarakat Master Meter (FKS3M) Surabaya, terus berbenah dengan mengelar acara “Sosialisasi, Komunikasi, Edukasi dan Informasi, KSM Se-Surabaya.

Dengan mengandeng Istana Karya Difabel (IKD) Komunitas Anak-anak penyandang disabilitas binaan seniman kawakan Andy Setiawan musisi Jalanan di Kota Pahlawan dan Yoesi Raozika Sari Ketua KSM Tirto Kamulyan Keputih, di Gedung YPAC (Yayasan Pembinaan Anak Cacat) Surabaya di Jalan Semolowaru Utara V no 2A Surabaya. Minggu, (22/1/2023).

Kegiatan dikemas dalam pertunjukan pentas seni dan tari oleh anak-anak IKD, pameran lukisan karya anak-anak IKD, pemberian tali asih, pembagian sembako serta sosialisasi program kerja Forum Komunikasi Kelompok Masyarakat Master Meter yang sekarang berubah nama menjadi FKS3M, berikut dialog atau tanya jawab dan penutup.

Dalam sambutanya, Ketua FKS3M Murjito menyampaikan, sejak pertemuan di Hotel Singgasana pada tahun 2019, FKS3M telah mengagendakan acara rutin pertemuan tahunan dengan seluruh KSM. Akibat pandemi Corona Virus Disease (Covid19), baru di tahun 2023 ini kegiatan pertemuan terwujud, dengan harapan KSM tetap sesuai porsinya yakni kelompok swadaya masyarakat yang mengelola air PDAM secara profesional, transparan, terprogram, terlatih dan mumpuni.

“Besar keinginan kami terus mendampingi KSM yang lahir dari rahim masyarakat penerima air PDAM, terutama dalam segi kepengurusan dan mekanisme penerimaan air bagi penerima manfaat,” ucap Murjito, Minggu, (21/1/2023).

Sementara itu Dewan Pengawas FKS3M Oktoreno Eko Suyitno mengatakan, arti dibentuknya KSM pada saat dilahirkan adalah pengelola air PDAM dalam bentuk kelompok swadaya.

Baca Juga :  DeAr Akan Bantu Dirikan Yayasan dan BLK Khusus Untuk Penyandang Disabilitas di Tegal

”Bagaimana cara pengelolaan nya, teknis pengaduan jika ada kerusakan dan lain lain, fungsi pelaporan terintegrasi satu pintu, keterbukaan pengelolaan manajemen keuangan serta KSM yang benar-benar memberikan harga air yang disepakati oleh seluruh anggota penerima hibah air di masing-masing wilayah,” ujar Okto.

Pria yang pernah bekerja di USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH Tangguh) ini menerangkan FKS3M merupakan payung dan mitra dari KSM di Surabaya.

”Dengan bekerjasama dalam naungan FKS3M merupakan bentuk kepatuhan dan kemitraan. Dari yang tidak bisa menjadi bisa. Setelah bisa mengelola menjadi profesional baik dari sisi managemen pengelolaan maupun SDM. Pesan kami tetap utamakan transparansi, manfaat air untuk seluruh masyarakat master meter. Ada air jangan jadi tambah masalah, namun adanya air seharusnya menjadikan masyarakat semakin bersatu,” ucapnya.

difabel surabaya

Pada kesempatan yang sama, Budi Santoso Ketua Dewan Pembina dan Pengawas FKS3M dalam acara ini juga memperkenalkan seluruh jajaran pengurus FKS3M.

Adapun susunan pengurus FKS3M yang telah tertuang dalam Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0012189.AH.01.07.Tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Budi Santoso Ketua Dewan Pembina dan Dewan Pengawas FKS3M
  2. Anggota Dewan Pengawas FKS3M
    Syukur Sugeng Apriwiyanto
  3. Anggota Dewan Pengawas FKS3M Oktoreno Eko Suyitno
  4. Ketua FKS3M Murjito
  5. Wakil Ketua Sumarno
  6. Sekretaris 1 Nunung Sri Iswahyuti, S.Pd
  7. Sekretaris 2 Rachmawati
  8. Bendahara Sarifah
  9. Advokasi dan Pendampingan 1 Ferry Eko Iswandono
  10. Advokasi dan Pendampingan 2 Hany Kasworo, SH
  11. Humas dan Database Lutfiatul
    Sosial Kemanusiaan Yoesi Raozika Sari
  12. Koordinator Lapangan Jorhan Efendi
  13. Koordinator Wilayah Surabaya Barat Mage Priyanto
  14. Koordinator Wilayah Surabaya Timur Ari Rahardianti
  15. Koordinator Wilayah Surabaya Pusat Nurfadilah SPI
  16. Koordinator Wilayah Surabaya Utara Sondang Nainggolan
  17. Koordinator Wilayah Surabaya Selatan Estefanus Polakian
Baca Juga :  Ini Janji MenPAN RB di Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Ada Tanda Baik untuk Tenaga Honorer

Pria yang aktif bekerja sebagai Redaktur Pelaksana di Surabaya ini memaparkan, sesuai kesepakatan semula pada saat KSM melakukan Perjanjian Kerjasama dengan PDAM Surabaya, melalui survey acak yang dilakukan oleh Koordinator wilayah FKS3M ditemukan harga penjualan air yang terbilang “ugal-ugalan”.

Pentingnya memahami fungsi manfaat bagi seluruh masyarakat Master Meter, Surabaya 100% masyarakatnya menerima air dari kekurangan target nol koma sekian PDAM Surabaya pada tahun 2022 sekaligus PR bersama pengelolaan terprogram yang benar-benar menjunjung tinggi rapat warga penerima air bukan untuk segelintir kepentingan yang ditumpangi oleh oknum.

“Kebersamaan pada intinya, kami tidak bosan terus menghimbau kepada semua KSM, belajar dari permasalahan yang sudah-sudah. Semoga setelah selesai kegiatan ini, kemitraan antara KSM, PDAM dan FKS3M semakin terjalin demi terciptanya Surabaya yang makmur dan sejahtera karena air adalah mutlak hak warga negara, air sumber kehidupan,” pungkas Budi.

Sebagai informasi, Program Master Meter merupakan program strategis yang tiap tahun direplikasi oleh PDAM Surya Sembada. Program ini diinisiasi sejak tahun 2010 dengan titik lokasi pemasangan pertama di Jetis Baru Kelurahan Wonokromo. Sampai dengan tahun 2022, PDAM telah memasang 185 titik Master Meter di Kota Surabaya dengan total penerima manfaat: 8.864 KK (Kepala Keluarga).

Dalam program master meter itu, PDAM dibantu oleh FKS3M agar masyarakat mampu secara swadaya dalam hal pemasangan downstream (jaringan bawah) hingga SR (sambungan rumah) atau Meter air, melakukan perawatan dan pengelolaan bersama penerima manfaat. Sedangkan PDAM menyiapkan meter induk dan jaringannya.

(Sigit Santoso)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *