Ide Pemindahan IKN Sudah Ada Sejak Tahun 60 an

titik nol nusantara

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Pada hari Rabu, 22 Februari 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara pembukaan Muktamar XVIII PP Pemuda Muhammadiyah Tahun 2023 di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi berbicara tentang pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Jokowi menyampaikan bahwa pemindahan Ibu Kota Negara bukanlah gagasan atau keinginannya saja, tetapi sudah direncanakan sejak Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

Menurut Jokowi, Bung Karno telah berencana memindahkan Ibu Kota Jakarta ke Kalimantan, tepatnya di Palangkaraya pada tahun 60-an.

“Perlu saya ingatkan, bahwa kita pindah ke Ibu Kota Nusantara ini, juga ini bukan gagasan Saya, ndak. Ini sudah sejak Bung Karno tahun 60, Bung Karno sudah akan memindahkan Ibu Kota Jakarta itu ke Kalimantan, yaitu di Palangkaraya,” kata Jokowi.

Setelah dilakukan kajian, lokasi yang dianggap tepat untuk memindahkan Ibu Kota Negara adalah di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Jokowi menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara besar dan mempunyai dua kota besar untuk Pemerintahan dan pusat bisnis merupakan hal yang wajar, seperti halnya Amerika memiliki New York dan Washington DC, dan Australia memiliki Melbourne dan Sydney.

Namun, Jokowi menegaskan bahwa alasan utama pemindahan Ibu Kota Negara bukanlah karena ingin memiliki dua kota besar, tetapi agar pembangunan di seluruh tanah air dapat dilakukan secara merata.

(Sulaiman)

POJOKREDAKSI.COM

Baca Juga :  Presiden Jokowi: Pernyataan Presiden Prancis Melukai Persaudaraan Antarumat Beragama

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *