Kejuaraan Dunia F1 PowerBoat 2023 di Danau Toba Sukses Diselenggarakan

F1H2O

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Dony Oskaria, Direktur InJourney, mengumumkan bahwa putaran pertama Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) 2023 yang diselenggarakan di Danau Toba, kawasan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Sumatra Utara, pada Sabtu dan Minggu (25-26 Februari 2023), berjalan dengan sukses.

Dalam konferensi persnya, Dony menyatakan bahwa acara tersebut telah berhasil dilaksanakan, termasuk babak kualifikasi dan perlombaan. “Event ini telah selesai dengan berhasil dan sukses. Babak kualifikasi dan race telah terselenggara.

Kami ingin memberikan lebih untuk masyarakat Toba dengan meminta (ke H2O Racing) agar ada race tambahan yang bisa menjadi sejarah dua race berlangsung selama satu putaran. Tetapi memang tadi dicoba dan cuaca tidak menguntungkan jadi kami batalkan,” Penuturan Dony di Balige, Minggu. (26/2/2023).

Ia juga meminta kepada H2O Racing untuk menambah satu perlombaan lagi agar menjadi dua perlombaan dalam satu putaran. Namun, usulan tersebut dibatalkan karena kondisi cuaca yang tidak mendukung.

Meskipun perlombaan menjadi fokus utama acara, Dony juga mengakui bahwa kesuksesan F1 Powerboat memiliki dampak ekonomi positif bagi masyarakat setempat. Ini termasuk penuhnya penginapan dan dampak positif bagi pelaku UMKM, serta dampak lainnya.

Selain itu, acara tersebut disiarkan di 15 televisi internasional dan ditonton oleh ratusan juta orang, sehingga akan membantu mempromosikan Danau Toba ke dunia.

Menurut Dony, F1 Powerboat adalah bagian dari creative marketing dalam mempromosikan Danau Toba baik di dalam maupun di luar negeri. Meskipun demikian, ia juga menyadari bahwa masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan acara di masa mendatang. Dony menyimpulkan bahwa InJourney adalah Holding BUMN Pariwisata dan Aviasi, bukan EO (event organizer), dan mereka akan belajar dari kesalahan mereka untuk memperbaiki acara tersebut di masa depan.

Baca Juga :  Pemkab Samosir Berikan Penghargaan Kepada Sekolah Sekaligus Perayaan Hardiknas

Danau Toba telah ditetapkan sebagai salah satu dari 5 kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) oleh Presiden Joko Widodo.

Kementerian PUPR juga telah memberikan dukungan untuk pengembangan infrastruktur di lokasi tersebut, termasuk penataan kawasan, jalan dan jembatan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, hingga perbaikan hunian penduduk (Sarana Hunian Pariwisata). Beberapa pembangunan juga telah diselesaikan, seperti penataan Kampung Ulos Huta Raja dan Huta Siallagan di Kabupaten Samosir, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sidikalang Kabupaten Dairi, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Parapat Kabupaten Simalungun, dan Pembangunan Toilet KSPN Danau Toba.

Sebagai tuan rumah ajang balap F1 Powerboat, Indonesia memiliki kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan citra dan daya tarik pariwisata Danau Toba di dunia internasional.

(Sulaiman)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *