LSM KPLHI Provinsi Banten Hadiri Diskusi Konsep Pengelolaan Sampah Berwawasan Lingkungan

lsm kplhi

Serang, POJOKREDAKSI.COM – Bertempat di kantor PT. Braja Sinar Banten, komplek Pancuran Mas No.14 Jalan Raya Serang, Pandeglang, Sabtu ( 24/6/2023). Hadir dalam acara diskusi selain dari Perwakilan PT. Braja Sinar Banten, hadir pula LSM Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI).

Pengelolaan sampah domestik (sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga) hingga saat ini masih bersifat konvensional dimana sampah diangkut lalu dibuang ke TPA sampah.

Proses konvensional tersebut bukanlah solusi pengelolaan sampah domestik yang berwawasan lingkungan karena sifatnya yang hanya menggeser timbunan sampah dari sumber sampah ke TPA.

Konsep pengelolaan sampah domestik yang lebih berwawasan lingkungan dapat dilakukan melalui pendekatan 3R yaitu reduce mengurangi timbulan sampah disumbernya, reduse memanfaatkan kembali sampah yang masih bisa digunakan dan recycle yaitu mendaur ulang sampah menjadi produk yang sejenis atau lainnya dimana kegiatan pengelolaan sampah tersebut terpusat di Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) yang dibangun di sekitar permukiman warga (sumber timbulan sampah).

Kinerja TPS dalam mengolah, memilah dan memproses akhir sampah berdampak pada semua timbunan sampah dapat selesai pengelolaan di TPS hingga tidak ada sampah yang tersisa (zero waste) sehingga beban TPA menjadi sangat berkurang.

Disamping itu pemilahan sampah organik dan anorganik di TPS akan merubah paradigma sampah dari masalah menjadi sumber daya produktif secara ekonomi sebagaimana trend ekonomi sirkular saat ini.

Kerja sama sinergi lintas pemangku kepentingan menjadi kata kunci sukses pengelolaan sampah domestik yang lebih ramah lingkungan termasuk menggandeng lembaga lembaga swadaya masyarakat lingkungan hidup seperti Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI). Demikian menurut TB. Asep Abisuja penggagas konsep TPS 3R.

Baca Juga :  Janda Muda Asal Sukabumi Diduga Jadi Korban Penganiayaan Hingga Meninggal Dunia

Selanjutnya menurut Heri Wahyudi Ketua KPLHI Provinsi Banten ini merupakan terobosan yang baik dan perlu didukung bersama sebagai Community Development Program.

Hadir juga dalam diskusi tersebut Elvin Racmadi Ardiansyah, ST Direktur PT. Braja Sinar Banten perusahaan pengelolaan sampah domestik di Banten.

(SN)

Yuk! baca artikel menarik lainnya di GOOGLE NEWS

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *