BUMDesa Tunas Mekar Desa Afdeling II Terima Bantuan Dana CSR dari PTPN IV

anto bangun

Rantauprapat, POJOKREDAKSI.COM – Tujuan utama Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) seperti yang tersebut pada Permendes PDTV dan Transmigrasi No. 4/2015 adalah, meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa.

Sehingga nantinya melalui BUMDesa ini akan dapat diwujudkan Desa Mandiri, dimana seluruh biaya operasional pemerintahan Desa dapat dibiayai sendiri oleh Desa tidak lagi bergantung kepada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang notabene bersumber dari keuangan negara, seperti desa Ponggok sebuah desa yang terletak di kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah.

Untuk mewujudkan desa mandiri memang tidaklah mudah, namun bukan berarti tidak bisa diwujudkan, sepanjang ada niat yang tulus, semangat yang tinggi, ikhlas, dan jujur didalam mengelola usaha.

“Untuk mewujudkan desa mandiri bukan sesuatu yang mustahil” Kata Siswanto Bangun yang akrab dipanggil Anto Bangun Direktur BUMDesa Tunas Mekar Desa Afdeling II Kepada awak Media Rabu (2 Agustus 2023) di warkop TM, saat selesai menerima bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PTPN IV.

Lanjutnya, kemajuan BUMDesa Tunas Mekar Desa Afdeling II sehingga dapat meraih prestasi sebagai BUMDesa terbaik se Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2003 dan masuk nominasi 10 besar terbaik se provinsi Sumatera Utara Thn 2023, dicapai bukan karena hebatnya seorang direktur, tetapi semua prestasi terbaik ini diraih berkat adanya Team Work yang solid, adanya dukungan dari semua stakeholder, terutama dari beberapa perusahaan yang memberikan bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR), bantuan pribadi dan yang paling utama adalah dukungan dari semua pengunjung yang datang ke BUMDesa, berbelanja BBM Pertamax-92 dan yang menikmati makanan dan minuman.

Bantuan CSR yang kami terima hari ini dari PTPN IV bukti komitmen perusahaan membantu peningkatan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Baca Juga :  Anggota DPRD Surabaya Dokter Zuhro Kunjungi Santri Binaan Rumah Pintar Matahari di Kampung 1001 Malam

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Direktur PTPN IV dan semua unsur management PTPN IV khususnya Distrik IV, yang sudah memiliki kepedulian dan perhatian kepada masyarakat Desa Afdeling II dengan memberikan bantuan CSR kepada BUMDesa Tunas Mekar, dan bantuan ini sangat bermanfaat sekali bagi kami guna mengembangkan usaha BUMDesa.” Ujar Anto Bangun.

Tambahnya, asset awal BUMDesa adalah senilai Rp932 juta, dan saat ini belum genap setahun sudah berjumlah +/_ Rp1,5 miliar, ada kenaikan selama sebelas bulan kurang lebih sebesar Rp500 Juta. Sedangkan masyarakat yang kami berdayakan sebagai tenaga kerja dan sebagai mitra usaha berjualan aneka jenis makanan diwarung kuliner berjumlah 16 orang.

Untuk pengembangan usaha saat ini kami sedang berusaha menjadikan BUMDesa sebagai salah satu rekanan di PTPN III, dokumen sudah kami serahkan dan sedang dilakukan verifikasi oleh manajemen PTPN III kantor operasional Medan.

Sedangkan rencana berikutnya adalah pembangunan penginapan, dengan estimasi biaya pembangunan sebesar +/- Rp1 Miliyar.

Demi terwujudnya pembangunan penginapan ini kami berharap ada perhatian dari pemerintah pusat utamanya dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan para stakeholder.

Pengelolaan usaha hingga hari ini dikelola secara terbuka (Tranparansi Management) dan semua masyarakat yang ingin mendapatkan informasi tentang pengelolaan BUMDesa baik perkembangan serta kondisi keuangan setiap saat kami layani dan berikan informasinya, dan kami setiap saat juga siap untuk diaudit oleh pengawas BUMDesa juga audit dari pemerintah yang dilakukan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Labuhanbatu.

Di BUMDesa ini tidak ada yang fiktif, serta tidak ada yang direkayasa, seperti misalnya dalam laporan jenis usaha yang dikelola memelihara hewan ternak sapi atau domba, tetapi ketika Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) melakukan audit yang diperlihatkan ternaknya masyarakat.” Tegas Anto Bangun

Baca Juga :  Jelang Ramadhan 1444 H Nyekar Sudah Menjadi Tradisi Masyarakat Untuk Ziarah Kubur

Taufik Umri sebagai Tenaga Ahli (TA) dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Teransmigrasi (Kemendes PDTT) untuk wilayah Kabupaten Labuhanbatu, dalam kata sambutannya mengatakan.

“Kami sebagai perwakilan Kemendes PDTT Kabupaten Labuhanbatu sangat mengapresiasi sekali terhadap kegiatan pemberian bantuan dana dari PTPN 4 dalam bentuk CSR ini. Kami bangga kepada seluruh pengelola BUMDes Tunas Mekar Desa Afdeling II karena sudah maksimal berperan dalam mengembangkan BUMDes.

Semenjak BUMDes ini bergerak sudah banyak menyerap tenaga kerja yang berasal dari desa setempat, tentu hal ini berdampak terhadap kurangnya tingkat pengangguran di desa. perputaran ekonomi juga terus bergerak kearah yang lebih baik.

Kedepan kita menaruh harapan lebih besar lagi kepada BUMDes Tunas Mekar untuk menjadi ‘Role Model’ untuk BUMDes di Kabupaten labuhanbatu bahkan BUMDes yang ada di Sumatera Utara, karena baru satu-satunya BUMDes yang menerima bantuan CSR.

Dan kita harus bangga dengan direktur BUMDes Tunas Mekar bapak Anto Bangun, diusia yang tidak muda lagi masih memberikan dedikasi dan mencurahkan pikiran, tenaga bahkan biaya untuk berkembangnya BUMDes kearah yang lebih baik.

Ya, BUMDes kedepan memang harus diurus oleh orang-orang yg tepat dan punya kemauan yang tinggi. The right man on the right place (orang yg tepat di tempat yg tepat) kiranya cocok kita sematkan kepada pak Anto Bangun.” Ujar Taufik Umri mengakhiri sambutannya.

Muhammad Siddik General Manager PTPN III DLAB3 yang diminta oleh pengurus BUMDesa untuk memberikan sepatah dua patah kata, mengatakatan “BUMDesa Tunas Mekar Desa Afdeling II, berada di wilayah kerja PTPN III Kebun Rantauprapat yang mayoritas masyarakatnya adalah karyawan PTPN III KRPPT, kepemilikan BUMDesa Afdeling II adalah karyawan PTPN III KRPPT, sedangkan PTPN III dengan PTPN IV masih dalam satu kesatuan PTPN III Holding dan pemberian bantuan CSR ini tidak terlepas dari peranan Direktur Uama PTPN III Holding di dalam perananannya membantu masyarakat lingkungan.

Baca Juga :  Mahasiswa KKN UNIMED Adakan Seminar Anti Narkotika di Desa Pulo Dogom Labura

Kami sangat mengapresiasi kinerja BUMDesa Tunas Mskar Desa Afdeling II, dimana sampai dengan ini kami lihat perkembangannya sangat positif, kita harapkan bisa terus maju tumbuh dan berkembang menjadi sebuah perusahaan yang besar dan memiliki daya saing.” Ujar M Siddik GM DLAB3.

Ditempat yang sama Direksi PTPN IV yang diwakili oleh Agustian Harianto, selaku General Manager (GM) PTPN IV Unit Group II, dalam kata sambutannya,”Pemberian bantuan dana CSR kepada BUMDesa Tunas Mekar, adalah sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat, diberikan atas dasar permohonan yang diajukan oleh BUMDesa Tunas Mekar.

Selain itu pemberian bantuan juga didasari dari hasil survei langsung ke BUMDesa oleh Tim PTPN IV, survei meliputi evaluasi tentang perkembangan usaha dan manfaat BUMDesa bagi masyarakat terutama dampak peningkatan perekonomian.

Dari hasil survei tesebut mendapatkan satu kesimpulan perkembangan BUMDesa ini cukup signifikan sangat wajar untuk disupport diberi bantuan sehingga BUMDesa ini kedepan bisa terus tumbuh dan berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Artinya CSR yang kami salurkan sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) serta system management International Standardization Organization (ISO) – 26000 tentang Corporate Social Responsibility (CSR) yang diterapkan di PTPN IV, dan semoga dapat dimanfaatkan untuk kemajuan BUMDesa Tunas Mekar.” Papar Agustian Harianto GM PTPN IV unit group II.

Turut hadir pada acara serah terima dana CSR ini, Manajer PTPN III se DLAB3, seluruh pengurus dan pengawas BUMDesa dan tokoh masyarakat Desa Afdeling II.

(Afriyansyah)

Yuk! baca artikel menarik lainnya di GOOGLE NEWS

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *