Antusiasme Warga RT 06 Dupak Bandarejo II Surabaya Ikuti Periksa Kesehatan Gratis

pan surabaya

Surabaya, POJOKREDAKSI.COM – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Perempuan Amanat Nasional (PUAN) kota Surabaya bertepatan dengan hari ibu melaksanakan pemeriksaan kesehatan secara gratis di Balai RT 6 RW 3 Dupak Bandarejo Surabaya. Minggu, (24/12/2023).

Ketua Perempuan Amanat Nasional kota Surabaya dr Zuhrotul Mar’ah Lailatusholichah menjelaskan, tujuan dilaksanakannya periksa kesehatan gratis adalah untuk memfasilitasi masyarakat dalam memonitor kondisi kesehatan mereka secara berkala, mendeteksi dini potensi masalah kesehatan, dan mendorong gaya hidup sehat.

“Dalam rangka rangkaian peringatan hari ibu, DPD PUAN kota Surabaya mengadakan bakti sosial pelayanan kesehatan berupa cek dan pengobatan gratis, jadi kita laksanakan screening diabetes melitus, pemeriksaan asam urat serta kolesterol,” ungkapnya.

Kenapa perlu dilakukan screening diabetes sejak dini, dokter Zuhro menjelaskan dikarenakan masyarakat tidak merasa kalau ada gejala-gejala kencing manis, suatu saat luka tidak sembuh-sembuh, ternyata sewaktu periksa ke dokter kadar gulanya tinggi.

“Maka, untuk mengantisipasi hal tersebut, kami melaksanakan screening diabetes melitus supaya masyarakat mengetahui sedini mungkin apakah kadar gulanya sudah melebihi normal atau tidak,” tuturnya.

Lanjut dokter Zuhro yang juga sebagai anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya tersebut, screening kali ini pihaknya telah menyediakan 125 stik gula darah, dimana kegiatan periksa kesehatan gratis terlaksana ketiga kalinya dalam satu tahun yang dilaksanakan setiap ada momentum atau perayaan seperti hari ibu.

“Terkadang memang masyarakat masih banyak yang takut untuk periksa, padahal sudah banyak juga mempunyai BPJS, jadi ini merupakan tugas kita bersama untuk melakukan edukasi sosialisasi bahwasannya mencegah itu lebih baik,” ujarnya.

Baca Juga :  Cilegon Jadi Satu-satunya Kota yang Diundang ke Acara "The Energy Transition Day" di Bali

“Jadi, semakin dini kita mengetahui penyakit, maka semakin mudah untuk mengelola penyakit tersebut agar tidak terjadi komplikasi, karena penyakit tersebut seumur hidup, bisanya hanya terkontrol, bukan sembuh, kalau tidak melakukan perilaku hidup sehat, obat tidak dikonsumsi, suatu saat akan tinggi lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PKK RT 06 RW 03 Dupak Bandarejo, Nur Wahyu Widayati SE sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh DPD PUAN Surabaya yakni pemeriksaan kesehatan secara gratis.

“Alhamdulillah, kegiatan sosial pemeriksaan kesehatan secara gratis berjalan dengan lancar yang diikuti 101 warga RT 06 RW 03 Dupak Bandarejo dan juga warga dari RT maupun RW lainnya,” jelasnya.

Lanjut Nur Wahyu Widayati, karena bertepatan dengan peringatan hari ibu, maka panitia yang terdiri dari ibu-ibu PKK RT 06 RW 03 Dupak Bandarejo memakai kebaya.

“Untuk tempat, kami dibantu bapak-bapak dan karang taruna telah mempersiapkannya sejak kemarin, seperti pemasangan tenda supaya para peserta bakti sosial merasa nyaman ketika datang untuk ikut serta kegiatan pemeriksaan kesehatan secara gratis,” tuturnya.

“Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut akan menjadikan warga masyarakat untuk tidak takut berobat, karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati,” tandasnya.

(Sigit Santoso)

Yuk! baca artikel menarik lainnya di GOOGLE NEWS

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *