Milianus Aso Titipkan Lima Pesan untuk Pemuda Katolik dalam Raker Pemuda Katolik Komcab Mimika

pemuda katolik mimika

Papua, POJOKREDAKSI.COM – Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Mimika melaksanakan Rapat Kerja (Raker) perdana periode 2023-2026. Sabtu, (27/1/2024).

Rapat kerja yang berlangsung di salah satu hotel di Timika mengusung tema utama ‘Pemuda Katolik yang Visioner, Bergerak dan Mengakselerasi’.

Sedangkan sub tema ‘Melalui Rapat Kerja Pemuda Katolik Cabang Mimika Kita Mewujudkan Kader Gereja yang Militan dan Berkualitas untuk Menjadi Garda Terdepan Gereja, Bangsa dan Negara’.

Kegiatan dibuka Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob. Turut hadir Ketua Komisariat Daerah (Komda) Papua Milianus Aso, Careteker Komda Papua Tengah Toni Mote.

Hadir juga senior Pemuda Katolik Wilhelmus Pigai, Moderator Komcab Mimika RP Yohanes Haryoto, SCJ dan Yohanes Felix Helyanan, Wakil Ketua II DPRD Mimika.

Pada kesempatan itu Leonardus Tumuka, Ketua Pemuda Katolik Komcab Mimika menyerahkan Surat Keputusan (SK) ketua careteker pengurus Pemuda Katolik 18 distrik di Mimika.

Oswaldus Soge, Ketua Panitia Rapat Kerja dalam laporannya menyampaikan dalam tataran konsep, rapat kerja cabang adalah agenda wajib setiap kepengurusan baru sebagaimana tertuang dalam Angaran Dasar Anggaran Rumah Tangga Pemuda Katolik.

Rapat kerja ini merupakan forum penyusun dan merumuskan program kerja kepengurusan Komisariat Cabang Mimika Periode 2023-2026, serta menjadi peta bagi pengurus organisasi selama periode tiga tahun kedepan.

Termasuk membahas berbagai program yang akan dirumuskan bersama sesuai dengan situasi terkini di Kabupaten Mimika dan kesiapan pemuda Katolik dalam menghadapi berbagai dinamika kedepan.

“Kami menaruh harapan besar kepada seluruh peserta agar mengikuti rapat kerja dengan sungguh-sungguh dan melahirkan ide, gagasan atau pemikiran strategis dan konstruktif guna memajukan Pemuda Katolik dalam kerja-kerja organisasi dan kemasyarakatan dengan semangat kekatolikan,” katanya.

Baca Juga :  Pemuda Katolik Dukung Jokowi Soroti Rendahnya Komitmen Pemda untuk Penanganan Stunting

Sementara Leonardus Tumuka, Ketua Pemuda Katolik Komcab Mimika dalam sambutan mengatakan tujuan rapat kerja ini dilakukan untuk merumuskan program kerja yang akan dilaksanakan selama periode tahun 2023-2026 mendatang.

“Sebenarnya dilaksanakan Desember 2023. Namun banyak teman-teman yang libur sehingga kita baru bisa selenggarakan awal tahun 2024,” katanya.

Leo berharap dalam pertemuan ini mampu menghasilkan sebuah diskusi yang konstruktif dalam mendukung pengembangan pemuda Katolik di Kabupaten Mimika sampai di distrik dan kampung-kampung.

Melalui rapat kerja ini, Leo berupaya merangkul dan membentuk sayap pemuda Katolik dengan berpatokan pada satu semangat dan pesan almarhum Uskup John Saklil bahwa tanah, air, pohon dan rumput semua Katolik.

Pemuda Katolik di Mimika merupakan pemuda yang datang dari berbagai latar belakang organisasi maupun daerah dengan satu komitmen, bersama pemerintah membangun daerah ini.

pemuda katolik papua

Milianus Aso, Ketua Pemuda Katolik Komda Papua dalam kesempatan itu menitipkan pesan kepada Pemuda Katolik Komcab Mimika.

Pertama, program yang dibuat harus mendukung program pemerintah daerah.

Kedua, setiap bidang dalam menyusun maksimal tiga program kerja yang bisa dilakukan.

Ketiga, menyelamatkan masa depan generasi muda Katolik menuju Indonesia emas 2045, apakah masih baik-baik saja atau mengalami persoalan.

“Sekarang kita berbicara mengenai bahayanya seks bebas, Narkoba dan minuman keras,”ujarnya.

Tiga penyakit masyarakat ini sudah mulai menggerogoti masa depan anak usia SD, SMP dan SMA, karenanya menjadi bagian penting yang menjadi tugas dan tanggung jawab pemuda Katolik.

Mengatasi hal ini, Milianus mendorong kader pemuda Katolik turun sosialisasi ke kombas atau Komunitas Umat Basis (KUB) terkecil. Serta memberikan motivasi dan dukungan secara bersama dengan keluarga di rumah serta geraja dan pemerintah.

Baca Juga :  Sah!!! Nazario Verdial Terpilih Sebagai Ketua Pemuda Katolik Komcab Kota Mojokerto

Keempat, setelah terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB) maka telah membentuk serta melantik pengurus Komda Papua Selatan dan pembentukan ketua careteker Komda Papua Tengah.

“Kami berharap dengan adanya Careteker Komda Papua Tengah segera musyawah pemilihan ketua definitif Komda Papua Tengah untuk dilantik. Supaya bisa bekerjasama dengan beberapa Komcab di beberapa wilayah dekenat di Keuskupan Timika maupun tim kerawam,” jelasnya.

Kelima, dalam organisasi ini meskipun berbeda secara administrasi maupun pandangan tetapi dalam pelaksanaan tetap satu dalam rumah bersama pemuda Katolik dan sebagai satu keluarga besar pemuda Katolik.

Diakhir sambutan, Leo mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi mendukung menyukseskan rapat kerja tersebut.

(KP/Red)

Yuk! baca artikel menarik lainnya di GOOGLE NEWS

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *