Suku Korowai Papua Tinggal di Pohon Pakai Perhiasan Gigi Anjing

Papua, POJOKREDAKSI.COM – Beragam suku yang tinggal di Papua. Ada Suku Dani, Suku Asmat, Suku Amungme, Suku Moni, Suku Korowai, dan lainnya.

Suku Korowai sebagai salah satu suku terkenal tinggal di Kabupaten Mappi, Papua. Suku ini memiliki karakter yang berbeda dari suku lainnya. Sebab, mereka tinggal di rumah-rumah pohon dan memiliki perhiasan yang unik.

Suku ini memiliki tempat tinggal di atas pohon. Rumah pohon. Mereka bisa tinggal di atas pohon dengan ketinggian 50 meter dari permukaan tanah. Rumah itu disebut juga Rumah Tinggi.

Peneliti Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto menjelaskan, Suku Korowai terkenal dengan perhiasan berupa kalung dari gigi taring anjing.

“Panjang kalung bervariasi, mulai dari 50 sentimeter, satu meter, bahkan ada yang dua meter,” kata Hari Suroto pada Senin 16/11/2020 seperti dilansir Tempo.co.

Human interest – Peserta perang antar suku di Festival Lembah Baliem, Wamena, Papua. Tempo/Rully Kesumaru

Dari seekor anjing, warga Suku Korowai bisa memperoleh empat gigi taring. Gigi anjing diperoleh dengan cara menyimpan kepala anjing yang sudah mati pada sebuah pelepah sagu di tempat tersembuyi.

“Kepala anjing ini dibiarkan begitu saja hingga gigi-giginya terlepas,” kata Hari.

Selanjutnya, mereka mengambil gigi taring dan melubangi bagian pangkalnya sebagai tempat memasukkan tali. Bagi Suku Korowai, gigi anjing merupakan barang berharga.

Jika ada yang mencuri kepala anjing yang disimpan di tempat tersembunyi tadi, bisa berujung perkelahian.

AS

POJOKREDAKSI.COM

Baca Juga :  Pentolan Teroris OPM Papua Alex Hamberi Dkk Menyerahkan Diri

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *