Helldy Kumpulkan Industri, Buat Bendungan hingga Pengerukan Kanal jadi Solusi Atasi Banjir

helldy agustian

Cilegon, POJOKREDAKSI.COM – Setelah terjadinya bencana banjir di kawasan PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) yang mengakibatkan korban jiwa pada Sabtu 3 Februari 2024, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengundang perwakilan industri untuk mencari solusi, di Aula Setda Pemkot Cilegon, Rabu (7/02/24).

Helldy mengatakan, dikumpulkannya sejumlah industri tersebut merupakan upaya Pemerintah Kota Cilegon dalam mengatasi banjir yang kerap terjadi di beberapa wilayah, terutama yang baru-baru ini terjadi di kawasan Lotte.

“Alhamdulillah banyak kesepakatan. Pertama tidak ada lagi motor-motor yang masuk lewat belakang di Lotte, kemudian besok (Kamis 8 Februari 2024-red), langsung action dengan pengerukan kanal. Terus saya minta tidak ada lagi gorong-gorong,” kata Helldy.

Diungkapkannya, salah satu penyebab terjadinya banjir di wilayah Grogol, terutama di kawasan Lotte adalah adanya penyempitan aliran air karena kali yang ada diuruk untuk jalan. Sedangkan aliran airnya digantikan gorong-gorong sehingga terjadi penyempitan.

“Kami minta dibuatkan bendungan terlebih dahulu untuk antisipasi banjir. Jadi intinya kami ingin masalah ini segera diselesaikan. Antara lain dengan membongkar gorong-gorong yang membuat aliran air menyempit,” ungkapnya.

Lebih lanjut, setelah disepakati, kata Helldy, perjanjian pada tahun 2020 penangan banjir di wilayah Lotte akan dilanjutkan yakni dengan dibangunnya pembatas atau pagar di sepanjang aliran kali agar saat terjadi luapan air, orang tahu ada batas kali dan daratan.

“Dari PT Krakatau Sarana Infrastruktur atau KSI juga mau meneruskan, KSI baru mengerjakan kurang lebih 700 meter, sedangkan dalam perjanjian itu panjangnya sekitar 1,3 kilometer dengan lebar 12 meter dan harus ada pembatas,” tuturnya.

Baca Juga :  Dishub Cilegon Maksimalkan Persiapan Jalur Mudik JLS

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cilegon Tb Dendi Rudiatna mendorong agar percepatan aksi perbaikan aliran kali di kawasan Lotte harus segera dilaksanakan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada belasan perwakilan perusahaan yang telah hadir. Percepatan aksi harus segera dilaksanakan mengingat curah hujan masih terus terjadi. Bahkan, berdasarkan perkiraan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) curah hujan akan berlangsung hingga lima buan ke depan,” ungkapnya.

Dikatakan Dendi, pihaknya bekerjasama dengan Dinass Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon telah membersihkan sampah yang menyumbat di kali wilayah Kecamatan Gerogol. “Kami dari PUPR yang mengangkat sampah dari sungai atau kali, dan DLH yang membawanya ke TPA” ujarnya.

walikota cilegon

Sementara itu, General Manager PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) Rudi Nurcahyo mengaku, pihaknya bersama industri lainnya berkomitmen untuk menindaklanjuti kesepakatan yang dibuat dengan Pemkot Cilegon.

“Salah satunya juga pengerukan kanal yang sudah dibagi oleh perusahaan-perusahaan sekitar dan penampungan air,” ujarnya.

(HKS)

Yuk! baca artikel menarik lainnya di GOOGLE NEWS

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *