Ad Widget

10 Besar Maskapai Teraman di Dunia tahun 2021, Indonesia Termasuk?

Ad Widget

ucapan berduka cita sriwijaya air

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Tim SAR dan TNI masih sedang berusaha mengevakuasi Pesawat komersial Sriwijaya Air dengan kode penerbangan SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021) siang.

Adapun pesawat maskapai Sriwijaya Air yang jatuh tersebut berjenis Boeing 737-500 dengan kode registrasi PK-CLC. Pesawat disebutkan hilang kontak beberapa menit setelah lepas landas.

AirlineRating.com merilis maskapai teraman di dunia. Dari rilisnya, Qantas menjadi maskapai teraman di dunia. Ini juga menjadi kali ketiga secara berurutan Qantas menepati posisi teratas dunia.

Faktor yang masuk dalam penilaian sehingga bisa menobatkannya sebagai peringkat satu dunia adalah tingkat kecelakaan maskapai dan catatan insiden serius, audit pemerintah dan industri, inisiatif keselamatan (termasuk protokol Covid-19 baru) dan usia armada.

Qantas mendapat peringkat tinggi untuk posisinya dalam pengembangan inisiatif keselamatan seperti Sistem Navigasi Udara Masa Depan (sistem yang memungkinkan komunikasi antara pilot dan Kontrol Lalu Lintas Udara), pemantauan mesin waktu nyata dan pendaratan otomatis menggunakan Sistem Satelit Navigasi Global.

Pada Tahun 2005 dan 2006 Qantas menempati posisi kedua, tetapi pada 2007, jatuh dari posisi kedua ke posisi 5 dunia. Baru pada tiga tahun terakhir, ia berada di urutan pertama dunia.

“Qantas telah menjadi maskapai penerbangan yang sangat memperhatikan operasional keselamatan utama selama 60 tahun terakhir dan tidak mengalami hal yang menyebabkan kematian,” ujar Pemimpin Redaksi AirlineRatings.com Geoffrey Thomas.

Dikutip dari ensiklopedia, Qantas Airlines adalah maskapai penerbangan nasional Australia. Nama aslinya “QANTAS”, sebuah singkatan bagi “Queensland and Northern Territory Aerial Services”. Akrab disebut “The Flying Kangaroo”, maskapai ini berpusat di Sydney, dengan pangkalan utama di Bandar Udara Internasional Kingsford Smith, dan merupakan maskapai terbesar Australia. Qantas adalah maskapai tertua ketiga di dunia dan maskapai tertua yang beroperasi menggunakan nama aslinya.

Berikut 10 maskapai teraman di dunia versi AirlineRatings.com:
1. Qantas
2. Qatar Airways
3. Air New Zealand
4. Singapore Airlines
5. Emirates
6. EVA Air
7. Etihad Airways
8. Alaska Airlines
9. Cathay Pacific Airways
10. British Airways

Maskapai Indonesia tidak termasuk.

(Ignas Fernandez)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *