Ad Widget

Bupati Brebes, Idza Priyanti Meninjau Lokasi Bencana Tanah Bergerak di Kecamatan Salem

Ad Widget

brebes bupati kecamatan salem

Sembilan Keluarga Segera Direlokasi, Tanah Bergerak di Salem Makin Mengkhawatirkan. Bupati mengingatkan warga setempat agar tetap waspada.

Brebes, POJOKREDAKSI.COM – Kondisi tanah bergerak di Desa Gununglarang Kecamatan Salem, Brebes semakin mengkhawatirkan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes segera merelokasi 9 keluarga korban bencana alam tersebut.

Upaya itu dilakukan karena pertimbangan kondisi tanah yang membahayakan warga. “Kalau berdasarkan hasil kajian tim geologi, tanah ini membahayakan. Maka hunian warga akan direlokasi,” ujar Bupati Brebes, Idza Priyanti, Selasa (2/2/2021).

Idza mengingatkan warga setempat agar tetap waspada. Terutama saat ini musim hujan yang intensitasnya cukup ekstrem.

“Dengan adanya cuaca yang cukup ekstrem agar masyarakat waspada dan hati-hati, karena wilayah Kecamatan Salem atau Brebes selatan masuk daerah rawan bencana,” katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang terdampak bencana tanah bergerak agar bersabar. Sebab pemerintah berjanji membantu penanganan dan penanggulangan pascabencana tanah bergerak.

Kepala BPBD Brebes, Nushy Mansur, mengatakan tanah bergerak yang terjadi sejak awal tahun ini mengakibatkan jalan dan rumah warga setempat rusak.

“Terjadi gerakan tanah yang ditandai dengan retakan-retakan pada jalan beton yang merupakan jalan provinsi ruas Bumiayu-Salem. Selain itu ada 9 rumah yang rusak,” ujarnya.

Adapun 9 rumah warga yang terdampak yakni Rasid, Warso, Nursoleh, Muhalimin, Aripin, Carna Sutisna, Tasdik, Wasim, dan Sarkam. Rumah mereka semua terletak di RT 01 RW 01 Desa Gununglarang, Kecamatan Salem.

(Yanto Simbolon)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *