Budaya Gotong Royong Sangat Kental Dengan Masyarakat Desa Pahlawan Tanjung Tiram

batu bara gotong royong desa

Batu Bara, POJOKREDAKSI.COM – Penduduk Indonesia dikenal sebagai penduduk yang ramah di mata bangsa lain. Di samping itu juga, Indonesia terkenal dengan budaya gotong royong, khususnya di pedesaan. Budaya gotong royong sangat kental dengan masyarakat desa.

Gotong royong (solidaritas sosial) merupakan bentuk kepedulian atau keprihatinan seseorang terhadap orang lain, sehingga ia rela memberikan waktu, tenaga atau pikirannya untuk orang lain. Budaya inilah yang masih dipegang oleh masyarakat di Indonesia pada umumnya. Sebagai contoh, di desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara telah rutin melaksanakan gotong royong dimulai dari membersihkan paret, di gang dan jalan umum, khususnya Desa Pahlawan.

Kemudian setelah itu selesai melaksanakan kegiatan gotong royong seluruh keplor dan masyarakat berkumpul untuk mendengarkan informasi yang akan diberikan oleh Kepala Desa Pahlawan Syamsul Aswin di desa mana selanjutnya.

batu bara gotong royong desa

Selain itu, menurut masyarakat setempat , gerakan gotong-royong menumbuhkan kembali semangat warga untuk bekerjasama dan peduli terhadap lingkungan.

“Budaya gotong-royong saat ini nyaris hilang di tengah masyarakat. Karenanya perlu ditumbuhkan kembali, terutama di kalangan anak-anak muda,” ujar Kades Desa Pahlawan.

Masyarakat sangat bersyukur dengan adanya kegiatan gotong royong yang diadakan di Desa Pahlawan, berkat gotong royong Desa menjadi bersih dan bebas banjir.

(Muhammad Taufik)

POJOKREDAKSI.COM

Baca Juga :  Gagal Beraksi, Mobil Perampok Berhasil Diamankan Polres Batubara

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *