Ad Widget

Komodo Bukan Hewan Asli Indonesia

Ad Widget

komodo

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Fosil adalah bukti utama kami tentang keberadaan komodo yang hidup di Australia, tetapi kami sekarang memiliki bukti genetik bahwa mereka bersilangan dengan spesies kadal endemik Australia sebelum Komodo diisolasi ke Kepulauan Sunda kecil di Indonesia.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Australia menemukan bahwa komodo (Varanus komodoensis) yang sekarang hidup di wilayah NTT (Nusa Tenggara Timur) berasal dari Australia.
Kesimpulan sementara ini diperoleh dari studi terhadap temuan fosil komodo di Queensland yang menjadi bukti kadal besar itu ada di Negeri Kangguru.

Seorang ahli biologi evolusi dan penulis utama riset, Carlos Pavón Vázquez mengatakan bahwa untuk berkembang biak komodo pernah melakukan kawin silang dengan biawak pasir, kadal goanna pasir (Varanus gouldii), kadal purba yang hanya ditemukan di Australia. Spesies komodo dan goanna kemudian mungkin dipisahkan oleh lautan.

“Agar komodo bisa berkembang biak dengan biawak pasir, mereka harus hidup bersama,” katanya.

Hasil riset Pavon diperkuat dengan pendapat dari Dr. Kailah Thorn dari University of Western Australia, ahli paleontology. Ia mengatakan bahwa gabungan data genetik dengan bukti dari rekaman fosil bisa mengungkap evolusi dari komodo.

“Fosil adalah bukti utama kami tentang keberadaan komodo yang hidup di Australia, tetapi kami sekarang memiliki bukti genetik bahwa mereka bersilangan dengan spesies kadal endemik Australia sebelum Komodo diisolasi ke Kepulauan Sunda kecil di Indonesia,” kata Thorn dikutip The Guardian.

Ignas Fernandez

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *