Ad Widget

Rayakan HUT Ke-5, Vox Point Indonesia Adakan Misa Syukur

Ad Widget

Jakarta, POJOKREDAKSI.COM – Vox Populi Institute Indonesia (Vox Point Indonesia) merayakan Hari Ulang Tahun Ke-5 pada 12 Maret 2021. Untuk memeriahkan acara ini Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Vox Point Indonesia menggelar Misa Syukur dan Webinar Nasioanl yang berlangsung pada Sabtu, 13 Maret 2021.

“Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ini panitia akan menggelar Misa Syukur. Acara ini sebagai bentuk syukur perjalanan Vox Point Indonesia selama lima tahun yang telah berlangsung,” kata John Bari, Ketua Panitia Pelaksana, di Jakarta, Kamis, (11/3/2021).

John menyebut Misa Syukur ini akan dipimpin langsung oleh Ketua KWI Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo dan didampingi Sekretaris Eksekutif Komisi Kerawam KWI Romo Paulus Christian Siswantoko, Pr.

Seluruh anggota dan pengurus Vox Point Indonesia akan mengikuti melalui live streaming. Kemudian, misa juga terbuka untuk umat Katolik. Disiarkan langsung melalui Hidup TV dan YouTube Vox Point Indonesia.

“Misa akan berlangsung dari Gereja Katedral Jakarta. Karena masih masa pandemi Covid-19, maka misa live streaming melalui Hidup TV dan YouTube. Semua mengikuti tata cara Perayaan Ekaristi sesuai aturan pihak Gereja Katedral Jakarta. Melalui protokol kesehatan yang ketat. Yang hadir di Gereja hanya petugas berjumlah 12 orang,” kata John.

Perayaan Ekaristi ini akan dimulai tepat pukul 14.00 – 14.45 Wib. Dalam acara ini akan hadir Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI, Yohanes Bayu Samodro. Ia akan memberikan sambutan selain Ketua Umum Vox Point Indonesia Yohanes Handojo Budhisedjati.

Webinar Nasional akan berlangsung pukul 15.30 Wib. Adapun Keynote Speaker acara ini adalah Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas yang sampai saat ini masih dalam konfirmasi. Kemudian Gubernur Lemhanas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.

Sementara Pemantik atau Penanggap Diskusi adalah Romo Agustinus Heri Wibowo, Pr (Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan/HAK-KWI), Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty (Sekretaris Umum Perskutuan Gereja-Gereja di Indonesia/PGI).

Kemudian KH. Robikin Emhas (Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama), Arif Harsono (Ketua Umum PERMABUDHI) dan Nyoman Udayana Sangging, (Ketua Bidang Idiologi dan Kesatuan Bangsa PHDI PUSAT).

Akan hadir pula Peter Lesmana (Sekretaris Umum Dewan Rohaniwan DPP MATAKIN) dan Siti Musdah Mulia (Ketua Umum Indonesian Conference on Religion and Peace/ICRP).

Ketua Umum Vox Point Indonesia Yohanes Handojo Budhisedjati menyebut Webinar ini akan diikuti seluruh kader Vox Point Indonesia dan masyarakat umum. Mengingat, tema acara ini sangat menarik dan penting karena terkait Kerukunan Antarumat Beragama.

“Untuk itu, kami sangat berharap akan diikuti oleh semua kader Vox Point Indonesia dan masyarakat umum. Sebab, tema ini sangat penting untuk dibicarakan. Vox Point Indonesia sebagai Ormas Katolik perlu terus mengangkat tema seperti ini mengingat visi misi Vox Point Indonesia yakni Mengembangkan Nilai-nilai Kebangsaan. Tentu saja tugas kita bersama untuk terus memberikan pendidikan kebangsaan agar masyarakat terus mencintai NKRI dengan hidup rukun sebagai sesama warga bangsa,” kata Handojo.

Sebagaimana diketahui, Vox Point Indonesia adalah Ormas Katolik yang berdiri pada 12 Maret 2016 oleh beberapa Tokoh Katolik di Jakarta. Saat ini sudah berada di 20 provinsi atau Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan di 76 kabupaten/kota atau Dewan Pimpinan Wilayah (DPW).

Setiap merayakan HUT, Vox Point Indonesia selalu menggelar berbagai kegiatan. Selain Misa Syukur, juga Seminar Nasional, pertunjukan budaya nusantara, pembagian sumbangan kepada warga dan diskusi ilmiah. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan amanat Organisasi.

Albert Syukur

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *