Ad Widget

10 Penghuni Lapas Labuhan Ruku Diduga Tepapar Virus Corona

Ad Widget

Batubara, POJOKREDAKSI.COM – Terkonfirmasi 10 orang penghuni Lapas Labuhan Ruku positif Covid-19 sesuai hasil Lab PCR kemarin, namun status mereka, apakah tahanan atau napi masih belum diketahui,” tukas Juru Bicara Satgas Covid-19 yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kab Batubara melalui Sekretaris dr Denny menjawab Wartawan di ruang kerjanya, Senin (22/Maret/2021).

Menurutnya, ke 10 mereka menjalani isolasi di ruangan yang ada di dalam Lapas. Sebab jika dibawa ke RSUD, harus dibarengi pengawalan, sehingga dipilih di Lapas.

Kendati demikian, tim kesehatan dari Puskesmas Labuhan Ruku tidak tinggal diam dan tetap rutin melakukan pemantauan serta pemeriksaan. Hasil PCR mereka ini ditangani oleh bidang P2B Dinkes Batubara.

Denny menjelaskan, dalam program vaksinasi Covid-19 di Batubara, petugas Lapas juga telah ikut divaksin.

Sementara Kabid P2B Dinkes Kabupaten Batubara Faisal mengatakan, ke 10 penghuni Lapas Labuhan Ruku terkonfirmasi positif Covid-19 berstatus tahanan dan OTG (Orang Tanpa Gejala) sehingga memungkinkan untuk diisolasi di dalam Lapas. Jika diluar, memerlukan petugas ekstra untuk mengawal mereka.

Hasilnya, 10 orang penghuni Lapas dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Penelusuran lebih jauh langsung dilakukan, dan yang mengherankan, dalam beraktifitas warga binaan sudah menerapkan protokol kesehatan.

Di antaranya dengan mengenakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, serta menjaga jarak. Warga binaan juga rajin berolahraga. Namun ternyata Covid-19 masih juga masuk ke lingkungan lapas.

Untuk memutus penyebaran virus, penyemprotan atau sterilisasi di dalam blok dan ruangan napi langsung dilakukan. Termasuk juga terus melakukan tracing.

(Muhammad Taufik)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *