Ad Widget

Pendidikan Bagian dari Kebudayaan

Ad Widget

Jakarta, POJOkREDAKSI.COM – Pendidikan adalah bagian dari kebudayaan untuk membangun peradaban, demikian seruan dari Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional. Tema peringatan Hardiknas adalah “ Merdeka belajar dalam mewujudkan pendidikan tuntas dan berkualitas di DKI Jakarta. Acara diadakan di Auditorium Ki Hajar Dewantara, Dinas Pendidikan Jakarta, Senin 3/5/2021.

Dalam sambutannya Gubernur DKI menjelaskan bahwa pendidikan dapat dianalogikan dengan bibit yang baik, tanah yang subur dan iklim yang sesuai. Bibit yang baik diperoleh dari pembinaan di rumah. Tanah yang subur mengibaratkan sekolah dan rumah tempat belajar. Sedangkan iklim yang sesuai adalah kebijakan pemerintah yang mendukung proses belajar mengajar tersebut. Gubernur bersyukur bahwa sekolah-sekolah di DKI Jakarta telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, bahwa di sekolah yang terletak jauh dari Monas yakni di Kepulauan Seribu. Semoga fasilitas belajar yang baik itu mendukung proses belajar-mengajar, kata Anies.

Sebelum memasuki auditorium, Gubernur disambut dengan musik perkusi siswa SMPN 81 Jakarta. Lalu Anies Baswedan melepas balon peringatan Hardiknas sebagai simbol dukungan Pemda DKI terhadap kiprah Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Setelah itu Gubernur beserta ibu berfoto selfie bersama para siswa penerima bantuan gawai untuk belajar jarak jauh, diberikan 2000 gawai berupa HP, Laptop, tablet, dan komputer sumbangsih PD Pasar Jaya dan Bank DKI.

Dalam perjalanan menuju tempat acara rombongan dihibur dengan hasil karya siswa di sekolah lingkungan DKI Jakarta, seperti lomba enggrang batok, lompat tali karet gelang dari SDN 06 pagi Penjaringan , dampu bulan atau tapak gunung atau demprak SDN 01 pagi Cilangkap. Selanjutnya SMAN 15, Jakut menyuguhkan enggrang bambu.

Di selasar lantai lain Gubernur dihadang para pendekar pencak silat yang berbalas pantun untuk mempersilahkan Gubernur memasuki area Auditorium Ki Hajar Dewantara sambil menyaksikan hasil karya siswa berupa lukisan, batik dengan diiringi alunan biola seorang siswi SMP yang mengumandangkan lagu Jali-jali. Gubernur beserta ibu diberi kenang-kenangan hasil karya siswa sebagai tanda mata berupa almanak manual dan kain batik hasil karya siswa.

Di Auditorium sebagai rangkaian akhir acara Anies Baswedan berkesempatan bermain alat musik bonang atau kethuk bersama kelompok musik gambang kromong dari SMK 57 Jakarta. Mereka mempersembahkan lagu Surilang dan Rebana, para hadirin turut menari untuk memeriahkan acara.

Sebagai penutup puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional di DKI Jakarta, Gubernur Anies Baswedan ikut serta menari flash mob bersama 300 perserta didik di lima wilayah pendidikan Jakarta. Tampak para siswa dan para guru menari di Pelataran Monas, di halaman kota tua, di halaman sekolah, dan di auditorium Ki Hajar Dewantara.

(Bonifasius Mba Balu)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *