Warga Inisiatif Baksos Perbaiki Jalan Rusak di Wakal

cibal wakal

Cibal, POJOKREDAKSI.COM – Warga Dusun Wakal Desa Kentol, Cibal, Manggarai mengadakan kegiatan bakti sosial yakni memperbaiki jalan yang rusak parah pada Minggu, 3 Oktober 2021. Kegiatan ini digelar atas inisiatif masyarakat dusun Wakal.

Jalan ini merupakan jalur masuk menuju pusat kampung Wakal dan juga ke dusun Pau. Pengadaan material berupa semen, pasir dan batu dalam kegiatan tersebut adalah hasil kerja sama antara warga dusun Wakal.

Terakhir kali, jalan ini dibangun pada 2013. Sepanjang 8 tahun, jalan ini tidak dirawat dan diperhatikan dengan baik.

Prihatin dengan kondisinya yang semakin rusak, warga berinisiatif untuk memperbaiki beberapa titik yang sudah rusak parah. Hal ini sebagai upaya untuk menjamin keselamatan para pengendara baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

“Selama ini, pengendara sepeda motor yang ke dusun Wakal atau Pau sering jatuh di jalan ini. Mencegah itu, kita gotong royong membenahinya yang kurang lebih panjangnya 7 meter,” ujar Huber warga dusun Wakal.

Senada dengan itu, Warga lain, Beni, menyebut hampir tiap Minggu selalu ada sepeda motor yang jatuh di sini. “Lebih menyedihkan, beberapa malam lalu, ada warga yang jalan kaki dan jatuh sampai luka parah di sini,” ketusnya.

Ia menjelaskan pengalaman kecelakaan tersebut lebih banyak terjadi pada malam hari. “Apalagi, Wakal belum mendapat jaringan listrik.”

Terkait listrik, orang muda Melky B menjelaskan telah melewati berbagai upaya untuk mendapatkan penerangan tersebut. Namun hingga sekarang, semua upaya itu bisa disebut belum mendapat jawaban pasti dari PLN.

Baca Juga :  YPII Bersama Pemerintah Kabupaten Manggarai Hadir Untuk Desa Latung

“Setiap kali ada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah Manggarai, warga selalu meminta penerangan kepada calon Bupati dan Wakil Bupati. Sejak Credo (Cristian Rotok-Deno Kamelus) Jilid Pertama hingga kemarin paket H2N (Hery Nabit dam Heri Ngabut), kami tetap menyerukan hal yang sama,” jelasnya.

Namun, belum ada yang menanggapinya dengan serius. “Kami selalu mendengar jawaban yang sama yakni ‘sabar dan nanti kita akan usahakan.” Ungkapnya.

Penulis: Boni Ogur
Editor: Redaksi

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *