Kapolres Asahan bersama Forkopimda Kunker ke Proyek PLTA Asahan 3

Asahan, POJOKREDAKSI.COM – Kapolres Asahan, AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K, M.H bersama Forkopimda Asahan melakukan kunjungan kerja, di Proyek PLTA Asahan 3 PT. PLN Persero UPP. SBU Desa Mernati Utara, Kecamatan Pintu Pohan, Kabupaten Toba dan Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Senin (27/12/2021), sekira pukul 10:30 Wib.

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka Expose perkembangan pembangunan Asahan 3 dan sekaligus meninjau lokasi Intek menuju terowongan W.A 1 serta proyek – proyek Asahan 3 yang ada di Wilayah Kabupaten Asahan.

Dalam sambutannya, Bupati Asahan, H. Surya, Bsc menyampaikan, bahwa kehadiran Forkompimda di Asahan 3 adalah, untuk melihat perkembangan pembangunan proyek Vital Nasional, di Kabupaten Asahan khusunya PLTA Asahan 3.

“Harapan kami dari Forkopimda Asahan agar kiranya pembangunan Asahan 3 dapat bermanfaat dan berguna bagi kesejahteraan masyarakat Sumatrera Utara, khusunya Masyarakat Kabupaten Asahan,” ungkap H. Surya Bsc.

Sementara itu, Menejer PT. PLN Sumbagut IV, Agil Dermawan menyampaikan, Presentasi Pembangunan Proyek PLTA Asahan terkait Project Time, tentang proses waktu dan pembebasan lahan untuk memulai Peroyek Asahan 3, dari awal tahun 1941 serta penyelesaian proyek diperkirakan selesai bulan Januari tahun 2024.

Beliau juga menyampaikan, Proyek Strategis Nasional yang ada di Desa Tangga ini sampai sekarang berjalan sesuai rencana dan alhamdulillah tidak mangalami hambatan yang berarti, harapannya semoga tahun 2024 proyek ini bisa diresmikan.

Lebih lanjut Agil mengatakan, PLTA Asahan 3 yang dibangun direncanakan berkapasitas 174 MW dan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional, yang nantinya akan dapat meningkatkan Reserve Margin di Sumatera Utara menjadi 4,58 %, sehingga akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Sumatera Utara.

Baca Juga :  Bupati Asahan Sambut Kunjungan Tim Evaluasi Lomba PAAR Provinsi Sumut

“Dengan beroperasinya PLTA Asahan 3, akan dapat menurunkan biaya produksi listrik PLN di Sumatera Utara sebesar Rp. 72/kWh dari sebelumnya Rp. 1.593/kWh menjadi Rp. 1.521/kWh, hal tersebut berpotensi meringankan beban PLN secara korporat dalam biaya penyediaan listrik dengan penghematan sebesar Rp. 1,9 Trilyun per tahun,” tegas Agil.

Agil juga menjelaskan, bahwa PLTA Asahan 3 yang dibangun terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Asahan dan Kabupaten Toba Samosir, dengan menggunakan sistem “run-of-river” yaitu mengalirkan air dari sungai Asahan untuk dialirkan ke turbin air, melalui terowongan yang sedang dibangun sepanjang 8 km.

“Listrik yang dihasilkan PLTA Asahan 3 ini nantinya akan disalurkan untuk memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera Bagian Utara melalui Gardu Induk 275 kV Simangkuk serta meningkatkan bauran energi baru terbarukan sebesar 3,3 persen,” pungkas Agil.

Diakhir acara, Bupati dan Forkopimda beserta rombongan didampingi Manager Unit Pelaksana Proyek melakukan peninjauan ke Terowongan Pembangunan PLTA Asahan 3.

Hadir pada kunjungan kerja tersebut, Bupati Asahan, H. SURYA, Bsc, Kapolres Asahan, AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K, M.H, Dandim 0208/AS, Letkol. Inf. Sri Marantika Beruh, S.SOS, Danlanal Tanjung Balai/ Asahan, Letkol. Laut Robinson Hendrik Etwiory, SE, Sekda Pemkab Asahan, Jhon Hardi Nasution, para Pejabat Pemkab Asahan, Meneger PT. PLN Sumbagut IV Asahan 3, Agil Dermawan, Camat Aek Songsongan, Panusunan Rambey, Kapolsek Bandar Pulau, AKP. Ali Yunus Siregar, Danramil Bandar Pulau, Kapten INF. Ahmad Fuad Lubis serta personil Polsek Bandar Pulau dan personil Koramil Bandar Pulau yang turut melakukan pengamanan kegiatan kunjungan kerja Forkopimda Asahan, ke Proyek Asahan 3.

(Hendra Piliang)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *