Bimbingan Teknis Akselerasi Ekspor Komoditas Pala Fakfak Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sorong

Bimbingan Teknis Akselerasi Ekspor Komoditas Pala Fakfak Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sorong.

Fakfak Papua Barat, POJOKREDAKSI.COM – Bertempat di Hotel Grand Papua Fakfak Jalan D.I Panjaitan Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat Kepala Karantina Klas I Sorong Bapak I Wayan.Kartanegara. di temui Wartawan Rabu pagi (23/3/2022)pukul 11.11 wit mengatakan.

Sasaran dari kegiatan bimtek ini adalah meningkatkan kesejahteraan petani melalui produksi pala dengan kuantitas, kualitas dan kontinuitas yang optimal sehingga cadangan komoditas pala selalu tersedia.

Kami tertarik menyelenggarakan bimtek terkait pengelolaan pala Fakfak, dilihat dari segi pengiriman antar pulau komoditas pala keluar dari Fakfak sangat tinggi pada tahun 2021 jumlah 2,135 Ton 934 kg dengan perkiraan harga penjualan Rp. 219.262.905.000,- (data IQFAST) yang sudah tentu produksi pala di Fakfak sangat tinggi namun dari sekian jumlah komoditas pala tersebut secara kualitas belum seluruhnya menunjukan bebas dari afkatoxin yang disebabkan oleh pengelolaannya yang belum memenuhi standar rantai pasok mulai dari pemanenan, pengumpulan dan pengiriman keluar sehingga hal ini dapat menyebabkan penurunan harga beli yang akan berimplikasi kepada semangat petani menurun untuk bertani pala.

Harapan yang ingin di capai dalam kegiatan bimtek adalah tercapainya komoditas pala Fakfak yang berkualitas dengan jumlah yang berlimpah dan berproduksi secara kontinuitas ( Amatus Rahakbauw)

POJOKREDAKSI.COM

Baca Juga :  Gelar Patroli Gabungan, Polres Tanjung Balai Himbau Masyarakat dan Razia THM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *