Majelis Ekonomi PCM Genteng Apresiasi Sosialisasi Digital Marketing dan Sertifikasi Halal Bagi Pelaku UMKM yang Digelar Mahasiswa KKN UM Surabaya

Surabaya,POJOKREDAKSI.COM -Mahasiswa KKN Pengembangan Cabang dan Ranting (PCR) Genteng Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menggelar sosialisasi Digitalisasi Marketing dan Sertifikasi halal bagi pelaku UMKM di gedung Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Genteng Surabaya yang diikuti puluhan peserta pelaku UMKM di kota Surabaya, Minggu (31/7/2022).

Penanggung jawab kegiatan, Azizil Adhim menjelaskan untuk kegiatan sosialisasi Digital Marketing dipandu oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Genteng, Tiara Anindya Virana, M.SEI sedangkan untuk kegiatan sosialisasi Sertifikasi halal bagi pelaku UMKM dipandu oleh Siti Mardiyah.

Pemateri sosialisasi sertifikasi halal bagi pelaku UMKM, Siti Mardiyah menambahkan, dalam rangka penahapan kebijakan produk wajib ber-Sertifikasi Halal hingga tanggal 27 Oktober 2024, berupa Self Declare dan Sertifikasi Reguler, dibutuhkan kesiapan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) wajib melalui penyiapan Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH).

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai proses penahapan Produk Halal kepada para pelaku UMKM yang terintegrasi dalam kegiatan KKN di PCM Genteng. Kebutuhan Halal merupakan kebutuhan Asasi bagi konsumen Muslim karena halal bukan hanya sekedar Tren namun merupakan manifestasi ketatan dan ibadah kepada Allah. Oleh karena itu Pelaku UMKM hars memahami mengenai penyususnan dokumen SJPH, Proses Produk Halal, Pengetahuan bahan Halal dan Registrasi Sertifikasi Halal melalui website SIHALAL, yaitu http://ptsp.halal.go.id/”, terang Siti Mardiyah.

Siti Mardiyah berharap, dengan kegiatan tersebut dapat memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan Produk Halal bagi masyarakat dalam mengonsumsi dan menggunakan Produk. Sedangkan bagi pelaku usaha dapat meningkatkan nilai tambah bagi Pelaku Usaha untuk memproduksi dan menjual Produk Halal.

Sementara itu, Wakil Ketua PCM Genteng bidang ekonomi, Reddy Suryo sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Surabaya yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi Digital Marketing dan Sertifikasi halal bagi pelaku UMKM di wilayah PCM Genteng.

Baca Juga :  Wali Kota Cilegon Pamerkan Produk UMKM ke Eropa

“Program kegiatan mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Surabaya yang dilaksanakan di wilayah ini sudah selaras dengan program ekonomi yang digagas oleh PCM Genteng bidang ekonomi”, papar Reddy.

Reddy berharap sosialisasi Digital Marketing dan Sertifikasi halal bagi pelaku UMKM dapat memberikan informasi terhadap konsumen tentang pentingnya sertifikasi halal untuk produk UMKM, bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, serta bermanfaat memberikan informasi kepada pelaku UMKM guna melakukan pemasaran secara digital.

“Selanjutnya dari PCM Genteng bidang ekonomi akan mengadakan tindak lanjut untuk pelatihan tahap berikutnya”, tutup Reddy.

(Sigit Santoso)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *