Universitas Muhammadiyah Surabaya Gelar Penutupan dan Expo Mahasiswa KKN tahun 2022

Surabaya,POJOKREDAKSI.COM – Sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Surabaya menggelar penutupan sekaligus Expo Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UM Surabaya tahun 2022 di Gedung At-Tauhid Tower lantai 13, Selasa (30/8/2022).

Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya Dr. dr. Sukadiono, MM menjelaskan, sebanyak 45 produk inovasi hasil atau karya di enam kabupaten dan kota Surabaya, Mahasiswa KKN UM Surabaya semester enam telah membuat karya-karya inovasi, ada yang berupa makanan, ada yang berupa alat-alat semisal pembakaran sampah yang rendah emisi, dan pemanas udang kecil yang dapat membantu masyarakat.

“Termasuk makanan yang rata-rata bahannya ada disekitar tempat KKN, misalnya nugget udang, nugget rajungan, nugget ketela, yang ori ada samiler”, terang Sakadiono.

Lanjut Sukadiono, semua makanan-makanan yang sudah kita konsumsi hanya dimodifikasi dan semuanya terasa enak. Tim LPPM ditugaskan untuk menindaklanjuti bagaimana supaya produk-produk tersebut bisa dijual, terutama di daerah-daerah yang memang produk UMKM, serta bisa disinergikan dengan pemerintah kabupaten maupun kota tempat KKN mahasiswa tersebut.

“Yang membuat saya terharu, ditempat mahasiswa KKN PCR Krembangan Surabaya terdapat dakwah pendekatan kultural yang dikenal dengan dakwah Komunitas, khususnya yang sudah dilakukan oleh Rumah Pintar Matahari di kampung 1001 malam dimana kota Surabaya masih ada kaum marginal yang melewati bawah jembatan tol”, papar Sukadiono.

Sukadiono berharap, mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Surabaya setelah mengikuti rangkaian kegiatan selama satu bulan akan memiliki pengalaman yang sangat berharga, dapat belajar bagaimana mengabdi kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Surabaya, Sutikno, S.Sos, ketika diberikan kesempatan memberikan sambutan pertama, sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Baca Juga :  Warga Kampung 1001 Malam Merasa Dilema Terkait Relokasi Rusunawa dari Pemerintah Kota Surabaya

Masih dengan Sutikno, beberapa program kegiatan yang sudah dilakukan oleh Tim KKN PCR Krembangan adalah :

1. Kunjungan Kampung 1001 Malam, dengan kegiatan memperingati 1 Muharam dengan diadakannya lomba mewarnai dan lomba Adzan.

2. Kunjungan SD Muhammadiyah 11 Surabaya dengan kegiatan pengukuran TB dan BB untuk seluruh siswa kelas 1-6 serta penerapan dan sosialisasi PHBS.

3. Mengikuti kegiatan pengajian di Kampung 1001 Malam.

4. Kunjungan ke binaan Rumah Pintar Matahari selter Kemayoran dengan kegiatan mengaji seru dan belajar praktek sholat.

5. Kunjungan Klinik Pratama Ranap Bersalin (KP RB) Al-Azhar Dupak Bandarejo Surabaya dengan kegiatan senam lansia, pemeriksaan kesehatan, serta pemerikasaan gula darah pada lansia.

6. Kunjungan Panti Asuhan Muhammadiyah KH Achmad Dahlan kegiatan sosialisasi PHBS serta kegiatan sikat gigi bersama.

7. Mengikuti kajian bersama PCM Krembangan di Masjid Ukhuwah.

8. Penyuluhan pada ibu hamil agar selalu memberikan Asi Eksklusif selama 6 bulan sampai 2 tahun dan pemeriksaan gula darah pada ibu hamil.

9. Kunjungan ke Panti Asuhan Muhammadiyah Nyai Walidah kegiatan sosialisasi PHBS serta praktek sikat gigi bersama dan mendongeng “Mata Panda”.

10. Kunjungan Tapak Suci dengan kegiatan sosialisasi pembuatan maket gedung dan rumah.

11. UMKM dengan kegiatan sosialisasi digital marketing dan sertifikasi halal, serta proses pembuatan NIB.

12. Mengikuti pelatihan perawatan jenazah oleh ustadz Akhwan Hamid di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya.

Sedangkan Tim KKN UM Surabaya Morokrembangan melakukan kegiatan di pemerintahan terutama di RT 7 RW 4 kelurahan Morokrembangan Surabaya.

“PCM Krembangan siap bersama KKN UM Surabaya sebagai dakwah berkelanjutan dengan mengenalkan dakwah komunitas dan dakwah kultural”, tutup Sutikno.

(Sigit santoso)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *