Kapolres Asahan Pimpin Rakor Kesiapan Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2022

Asahan, POJOKREDAKSI.COM – Kapolres Asahan, AKBP Roman Smaradhana Elhaj, S.H, S.IK, M.H memimpin pelaksanaan Rapat Koordinasi kesiapan pengamanan Pilkades serentak Tahun 2022 di wilayah Kabupaten Asahan, Minggu (4/9/2022).

Rapat Koordinasi yang berlangsung di lantai 2 Aula Wira Satya Polres Asahan, dihadiri Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan, para Kabag, para Kasat, para Kapolsek sejajaran Polres Asahan kemudian juga dihadiri para Ketua Panitia Pilkades tingkat Desa pada 89 Desa serta seluruh peserta yang berhadir ± 100 orang.

Pada kesempatan itu, Kapolres Asahan memberikan sambutannya, bahwa Rapat Kordinasi tersebut untuk menentukan pola keamanan.

“Tujuan bapak/ibu dikumpulkan disini, guna menyamakan persepsi terkait akan adanya perubahan jadwal Rekapitulasi, yang semula pada tanggal 8 September 2022 berubah ke tanggal 7 September 2022,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, semula TPS dilokasi masing-masing yang telah dibuat namun dirubah menjadi Cluster TPS/dikelompokkan dan untuk penentuan TPS induk, agar ditempatkan pada lapangan guna pengawasan lebih mudah.

“Semua hasil perhitungan di TPS, agar kotak suara dibawa ke TPS Induk dan akan dilaksanakan rekapitulasi di TPS induk pada hari itu juga. Berkaitan dengan hal tersebut, saya telah melapor ke Bapak Bupati terkait perubahan jadwal tersebut, dengan membuat kembali KEP untuk perubahan jadwal Rekapitulasi,” jelasnya.

Selesai direkapitulasi di TPS induk, Kapolres mengingatkan kotak suara langsung di bawa ke Dinas PMD Kabupateb Asahan dan tidak ada rekapitulasi di Balai Desa.

Baca Juga :  Pemuda Mahasiswa Lintas Sumatera Utara Lakukan Aksi di Depan Kantor Kejati Sumut, Tuntut Dugaan Korupsi Kadis Pertanian Tapsel

“Personil Polres Asahan terbatas, sehingga dilakukan pola keamanan dengan mengcluster TPS dan merubah jadwal Rekapitulasi di TPS induk, guna meminimalisir kejadian-kejadian yang akan terjadi,” ungkapnya.

Kapolres juga meminta hari ini harus ditentukan TPS induk, untuk langsung diinfut oleh Bag Ops Polres Asahan.

“Dari TPS-TPS yang telah dilakukan Cluster akan dilaksanakan Rekapitulasi di TPS induk dan tidak dibawa ke Balai Desa,” imbuhnya.

Diakhir penyampaiannya, Kapolres menyampaikan hasil pertemuan Rakoor kesiapan pengamanan Pilkades Smserentak Tahun 2022 wilayah Kabupaten Asahan adalah, untuk mengetahui dan menyamakan persepsi terkait adanya perubahan jadwal Rekapitulasi suara semula dilaksanakan pada tanggal 8 September 2022 diubah menjadi tanggal 7 September 2022 dan menentukan TPS induk sebagai tempat dilaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi perhitungan suara di tingkat Desa.

“Terkait perubahan jadwal Rekapitulasi perhitungan suara akan dituangkan ke surat keputusan Bupati Asahan besok hari dan dilanjutkan dengan sosialisasi serta Deklarasi Damai tingkat Kabupaten Asahan di Gedung Serbaguna Asahan,” tutup Kapolres.

(Hendra Piliang)

POJOKREDAKSI.COM

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *